Pjs Bupati Prijo Pimpin Apel Gelar Pasukan

Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo, menyematkan pita kepada personil pengamanan Operasi Ketupat Candi 2018

Karanganyar, Rabu (06/06/2018)

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2018, Rabu (06/06) di Mapolres Karanganyar.

Pada acara tersebut, Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo, membacakan sambutan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Operasi Ketupat tahun 2018 diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda jajaran selama 18 hari.

“Dimulai tanggal 7-24 Juni 2018 dengan melibatkan sebanyak 173.397 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari unur Polri, TNI, Pemda, serta stakeholders terkait dan elemen masyarakat lainnya,” kata Prijo Anggoro Budi Rahardjo.

Dalam sambutan tersebut, dijelaskan pula ada empat potensi kerawanan yang harus di waspadai bersama. Pertama adalah, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan.

“Untuk yang kedua, adalah permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik. Ketiga, adalah potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya. Lalu keempat, yakni tindak pidana terorisme,” kata Pjs Bupati Karanganyar.

Ditempat yang sama, Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, mengatakan menjelang lebaran tahun ini, situasi wilayah termasuk aman. Untuk pengamanan Operasi Ketupat Candi 2018 dengan mendirikan 10 pos.

“Ada tiga pos pelayanan, satu pos terpadu, dan enam pengamanan. Tol Ngasem-Sragen juga sudah bisa dilalui dua arah, selama 24 jam bisa dilalui,” kata Kapolres Karanganyar.

Setelah Apel selesai, dilanjutkan pemusnahan barang bukti miras dengan cara di lindas stoom dan empat pucuk senjata di hancurkan dengan menggunakan mesin potong besi. Terdapat 773 botol minuman keras berbagai macam jenis diantaranya, 67 botol Vodka, 71 botol Bir, 197 botol Anggur Merah, 361 botol Topi Miring, 51 botol Anggur Koleson, 24 botol Doble Kiwi, dan 2 botol Anggur Putih. Adapula 1.314 liter Ciu.

Empat pucuk senjata terdiri dari satu pucuk senjata jenis Air Soft Gun Laras Panjang, satu pucuk senjata api jenis pistol merk Hunter CZ-83 kaliber 9 cm , satu pucuk senjata api jenis pistol Air Soft Gun, dan satu pucuk senjata api jenis pistol merk Jarico 941.(ina)