Jelang Arus Mudik, Dishub PKP Sidak Pangkalan Bus

kominfo
Sekda Karanganyar, Samsi (ujung berpeci) saat menempelkan stiker laik jalan di PO Rosalia Indah

Karanganyar – Dinas Perhubungan dan Perumahan Kawasan Pemukiman Kabupaten Karanganyar adakan Sidak ke beberapa Perusahaan Perorangan (PO) penyedia jasa angkutan umum yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar, Selasa Siang (05/06). Dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar Samsi dan didampingi Kadishub PKP Karanganyar, tim dari Dishub PKP mendatangi garasi Rosalia dan Langsung Jaya yang berada di wilayah Palur Kecamatan Jaten.

Sekda Karanganyar Samsi seusai pengecekan kelaikan kendaraan dalam wawancara nya mengatakan bahwa hasil pemeriksaan semua armada di dua garasi tersebut dinyatakan laik jalan dan siap angkut pemudik. Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dishub PKP juga telah bersinergi dengan Kepolisian dalam hal ini Lantas Polres Karanganyar dan Dinas Kesehatan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pemudik.

“Sudak kita cek semua armada dan dinyatakan siap serta layak, meskipun tadi sempat ditemui kendala beberapa hal kecil seperti lampu sein tidak menyala namun hal tersebut langsung bisa teratasi oleh Perusahaan penyedia jasa angkutan”, jelas Samsi

Samsi menambahkan Pemkab Karanganyar juga telah mengeluarkan Surat Edaran Pjs Bupati Karanganyar kepada PO yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar untuk melakukan pembinaan kepada pengemudi bus yang akan melayani pemudik.

Sementara itu Kadishub PKP Karanganyar Sundoro mengatakan bahwa pemeriksaan dilakukan melalui dua proses yakni pemeriksaan fisik antara lain rem, suspensi, lampu, wiper, klakson, alat-alat keselamatan bus dan ban serta administrasi, armada bus yang dalam kondisi laik jalan akan ditempeli stiker laik jalan oleh petugas.

PO Rosalia Indah sendiri untuk melayani pemudik tahun ini telah menyiapkan armada sebanyak 320 armada dan PO Langsung Jaya 30 armada. Bila diperlukan PO Rosalia Indah juga telah menyiapkan armada cadangan seperti pengalaman tahun lalu, PO Rosalia mengeluarkan armada cadangan bisa mencapai 20 armada tiap harinya.

“Sidak kali ini dikhususkan untuk angkutan AKAP, namun Dishub PKP sendiri telah melaksanakan kegiatan serupa menyasar AKDP seperti PO Hasta Karya, PO Rukun Sayur, dan PO Antar”, Kata Sundoro

  Dishubkominfo Karanganyar (ad/adt)