Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 73, Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Mengaktualkan dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila

Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73

Karanganyar, 1 Juni 2018

Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk mengaktualisasi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian.  Karena Pancasila merupakan warisan dari pendahulu untuk kemajuan bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam amanat yang dibacakan Kapolres Karanganyar, AKBP. Henik Maryanto selaku Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ke 73 di halaman Kantor Bupati Karanganyar,  Jum’at (1/6) pagi.
Menurut Presiden,  Pancasila merupakan berkah dari Alloh yang merupakan hasil perenungan dari para pendiri bangsa ini.  Para pendiri bangsa yang terdiri dari beragam kelompok golongan yang telah duduk bersama menetapkan Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh.
“Proses lahirnya Pancasila harus kita ingat dan dalami semangatnya.  Menjadi tugas dan tanggungjawab kita memastikan nilai-nilai Pancasila selalu hadir dalam sendi kehidupan berbangsa, “pesannya.
Lebih lanjut dikatakan Presiden,  sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau,  semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
” Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat,  bangsa yang besar dan bangsa pemimpin, “tandasnya.
Pada pelaksanaan Upacara tersebut dihadiri dan diikuti TNI,  Polri, jajaran Pemerintah Kabupaten Karanganyar,  Pelajar dan Organisasi Masyarakat.
Demikian Diskominfo (yg/ind)