KUNKER KOMISI A DPRD KABUPATEN PATI DI KARANGANYAR

DISKOMINFO
Asisten Pemerintahan Bachtiar Syarif menyampaikan sambutan Pjs Bupati pada Kunker Komisi A DPRD Kabupaten Pati di Ruang Podang I Setda Karanganyar, Rabu (30/5).

Karanganyar, Rabu 30 Mei 2018

Komisi A DPRD Kabupaten Pati melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karanganyar, Rabu (30/05/2018) di Ruang Podang I Sekretariat Daerah Karanganyar. Kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Pati yang dipimpin oleh H. Aji Sudarmaji S.H, M.Si, tersebut diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan Karanganyar, Drs. Bachtiar Syarif.

Dalam kunjungan kerja ini, Bachtiar selaku yang mewakili PJS Bupati Karanganyar mengapresiasi Komisi A DPRD Pati menjadikan Kabupaten Karanganyar sebagai lokasi untuk melakukan study banding. Diharapkan saling berbagi pengalaman yang diberikan nantinya bisa menjadikan ilmu untuk dapat diterapkan di Kabupaten Pati.

Pada kesempatan tersebut, Bachtiar dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Karanganyar mempunyai Kepala Desa sebanyak 162 orang, 11 Kepala Desa diantaranya merupakan hasil Pilkades Gelombang I tahun 2016. Sedangkan sisanya, sejumlah 53 Kepala Desa, akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 21 Januari 2019 dan sejumlah 91 Kepala Desa akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 23 Maret 2019. Menyikapi hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengagendakan Pilkada serentak gelombang II yang akan dilaksanakan pada Tahun 2019,”terangnya.

Bachtiar juga mengatakan bahwa dari jumlah Desa sebanyak 162, perangkat desa se Kabupaten Karanganyar berjumlah 2.183 orang. Satu jumlah yang tidak sedikit, mengingat Pemerintah Kabupaten Karanganyar harus memenuhi hak-hak perangkat desa tersebut. Upaya yang kami lakukan dengan membuat aturan baku berupa Perda dan Perbup untuk mengaturnya, baik itu penerimaan penghasilan tetap Kepala Desa beserta perangkatnya maupun tunjangan-tunjangan yang mereka peroleh. Semuanya bermuara pada upaya meningkatkan kesejahteraan Kepala Desa beserta Perangkat Desa, mengingat mereka merupakan ujung tombak pelayan masyarakat.

Harapan kami, apabila kehidupan mereka sejahtera maka tugas-tugas mereka selaku abdi masyarakat akan dapat dilaksanakan dengan baik dan prima, “jelasnya.

Sementara itu, DPRD Komisi A Kabupaten Pati menyampaikan maksud dan tujuan antara lain terkait dengan pengisian Kepala Desa dan penerimaan Siltap bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa bahwa di Pati belum merubah Perda maupun Perbup terkait dengan Keputusan MK No 128, dimana isinya terkait dengan domisili bagi calon Kepala Desa. Dimana didalam Keputusan MK itu seluruh warga Negara Republik Indonesia bisa mencalonkan diri di desa yang melaksanakan pilkades itu. Kemudian terkait Siltap sampai dengan tahun2017 penerimaan Siltap kami memenuhi atau sesuai antara satu desa dengan desa yang lain. Untuk tahun 2018 ini sesuai dengan aturan kKementerian Keuangan polanya diubah ini mengakibatkan setelah dibagi oleh desa nampaknya masing-masing desa tidak sama.

Kami berharap kunjungan kita di Kabupaten Karanganyar ini mendapatkan ilmu sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga Pati, “harapnya. Dan kami tersanjung dengan penerimaan ini dan kami seluruh warga Pati berdoa agar Pilkada di Kabupaten Karanganyar berjalan sukses.

 Demikian Diskominfo (kris/f3a)