Pasar Palur, Daging Sapi dan Ayam Layak Konsumsi

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Karanganyar melakukan sidak dading ayam dan sapi.

Karanganyar, Rabu (30/05/2018)

Daging sapi dan ayam di Pasar Palur, Kecamatan Jaten layak konsumsi oleh masyarakat. Hal itu didasarkan dari hasil pantauan daging oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Karanganyar, Rabu (30/05).

Salah satu tim Sidak drh. Sutiyarmo mengatakan ini adalah ini adalah kegiatan rutin dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Karanganyar. Khusus hari ini hasilnya, secara umum cukup baik tidak menemukan indikasi daging ayam maupun sapi semacam formalin, tiren, glongongan.

“Tadi kami melakukan pengecekan kadar air. Ternyata setelah satu persatu pemeriksaan melakui alat tidak ada satu pun ditemukan daging yang melebihi kadar air,” kata drh. Sutiyarmo.

Dia menjelaskan dari pedagang daging sapi sebanyak 9 lapak, dan pedagang daging ayam 28 lapak. Hasil pengecekan relatif cukup baik. Pengecekan kadar air di Pasar Palur rata-rata mencapai 6.0-6.5. Namun jika  diatas 7.0 layak di waspadai.

“Kalau dulu ada indikasi tiren, glongongan di daging ayam. Namun sekarang tidak ada lagi. Kami terus melakukan pemeriksaan rutin agar masyarakat tetap aman dan nyaman mengkonsumsi daging,” katanya.(pd)