Tapping Box Untuk Tingkatkan PAD

Pjs Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi R memberikan tanggapan atas pemandangan fraksi-fraksi Terhadap ABPD di ruang paripurna (24/5)

KARANGANYAR – 25 Mei 2018

Untuk menambah Peningkatan Asli Daerah (PAD)  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memaksimalkan E-billing. Yakni dengan pemasangan tapping box di sejumlah hotel dan restoran. Hal itu untuk mengurangi kebocoran pendapatan daerah.

“Sosialisasi tapping box sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Pemkab sudah bekerjasama dengan Bank Jateng secara online. Kendala teknis ada satu hotel yang perangkatnya berbeda, namun kita berupaya terus untuk mengatasi kendala teknis tersebut,” papar Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Raharjo saat memberikan tanggapan bupati atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Karanganyar kepada DPRD di ruang paripurna, (24/5)

Dia menambahkan selama ini memang restoran pajaknya hanya manual. Jika manual potensi kebocoran pendapatan ada dan memungkingkan. Sehingga dengan pemasangan alat ini, Pemkab berusaha untuk menghilangkan kebocoran tersebut. Ini program baru, sehingga perlu terus sosialisasi.”Klau dibilang mandek tidak, namun kita terus berusaha karena ini tahap awal. Klau cepat juga belum karena harus terus dievaluasi program ini,”imbuhnya.

Berkaitan dengan pertanyaan Fraksi demokrat mengenai jalan dari Karangpandan menuju Gunung Lawu yang masih gelap, Prijo mengatakan kewenangan jalan dan PJU ada di propinsi. Sedangkan perbaikan PJU menjadi tanggungjawab pemerintah propinsi. Namun demikian, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah propinsi.

Terkait permintaan SMA dikembalikan pengelolannya pada pemerintah daerah, Pjs BUpati mengatakan kebijakan pengelolaan SMA/SMK sudah masuk dalam lampiran UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahaan daerah. Sehingga pemerintah daerah khususnya tidak bisa menerapkan program pendidikan gratis pada jenjang pendidikan SMA/SMK. “Yang terpenting kita melihat output  lulusan. Kita berharap akan terus memunculkan siswa-siswa yang mempunyai prestasi unggul,” tambahnya. (hr/ft)