Bupati Karanganyar : Indonesia Kaya Karena Keanekaragaman dan Kearifan Lokal

kominfo
Pjs Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi Rahardjo serahkan bantuan saat Taraweh Keliling di Masjid Bazis, Balong, Jenawi, Selasa Malam (22/05)

Karanganyar – Pjs Bupati Karanganyar bersama rekan-rekan Forkompinda dan jajaran pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Karanganyar laksanakan Sholat Taraweh Bersama warga Desa Balong Kecamatan Jenawi, Selasa Malam (22/05). Bertindak sebagai Imam Sholat Taraweh KH. Badaruddin Ketua FKUB Kabupaten Karanganyar. Rombongan bertolak dari Rumah Dinas Bupati Karanganyar pukul 16.30 WIB secara beringinan dan dikawal oleh voorider Polres Karanganyar.

Kegiatan Taraweh semacam ini menjadi agenda rutin Pemkab Karanganyar tiap tahunnya saat bulan Ramadhan, dimana Bupati Karanganyar dan jajarannya akan mendatangi 17 kecamatan yang ada di wilayah Bumi Intanpari untuk melaksanakan Sholat Taraweh bersama warga sekaligus sebagai forum silaturahmi serta penyampaian bantuan dari Pemkab dan Baznas Karanganyar.

Dalam sambutannya selesai laksanakan Sholat Taraweh tadi malam di Masjid Bazis Kecamatan Jenawi, Pjs Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi Rahadjo bangga akan keanekaragaman yang dimiliki Bangsa Indonesia dan kearifan lokal yang ada di Karanganyar. Ciri khas muatan lokal yang ada di setiap daerah akan membuat Bangsa Indonesia, sehingga akan memunculkan rasa saling memiliki.

“Kebersamaan malam ini membuktikan Karanganyar indah dan tentram serta sejahtera”, Kata Prijo Anggoro

Ditambahkan lebih lanjut, Prijo Anggoro berharap warga Karanganyar harus mampu menjaga kearifan lokal tersebut seperti gotong royong, keramahtamahan, etika sopan santun, menjaga lingkungan sekitar supaya tidak luntur.

Sementara itu dalam khotbah nya yang dibawakan oleh Lukman Sutarmo dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar mengajak warga Karanganyar pada umumnya dan warga Desa Balong pada khususnya untuk senantiasa Jamu (Jagalah Mulutmu), Jati (Jagalah Hatimu) dan Kendi (Kendalikan Diri).

Dalam giat Taraweh Keliling di Kecamatan Jenawi diserahkan penyaluran dana Baznas sebesar Rp. 65.500.000,- untuk sarana ibadah, bantuan sarana peribadatan, sarana Pendidikan, dan bantuan kegiatan keagamaan. Selain itu juga diserahkan bantuan sembako sebanyak 40 paket kepada warga Desa Balong. Demikian Diskominfo (ad)