Komisi B DPRD Jateng Kunjungi Grojogan Sewu

Kunker DPRD Jawa Tengah Komisi B, mengunjungi Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar.

Karanganyar, Jumat (11/05/2018)

Komisi B DPRD Jawa Tengah mengunjungi Taman Wisata Alam (TWA) Grojogan Sewu, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Kunjungan Kerja (Kunker) itu di pimpin oleh Wakil Ketua Komisi B, Yudhi Sancoyo, Rabu (09/05) di Grojogan Sewu.

Wakil Ketua Komisi B, Yudhi Sancoyo, mengatakan pihaknya baru menyusun sebuah Perda yang spektakuler, yakni mengenai Pemberdayaan Desa Wisata di Jawa Tengah.

“Konsekuensi logis sebelum menyusun Perda, yakni rajin mengunjungi tempat wisata di Jawa Tengah, artinya mendengarkan langsung bagaimana pengelolaan wisata,” kata Yudhi.

Dengan ada Perda tersebut, pihkanya ingin meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat, dan  perekonomian desa. Seperti di Desa Ponggok, di Klaten yang mempunyai BUMDes sebesar Rp. 11 Miliar, APBDes Rp. 5 Miliar, jadi total Rp. 16 Miliar per tahun. Ini luar biasa.

“Anak muda di desa juga mempunyai pemikiran cerdas, dengan menjadikan desanya menjadi desa ubah yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan meningkat,” katanya.

Ditempat yang sama, Direktur PT. Duta Indonesia Jaya, sebagai pegelola TWA Grojogan Sewu, Sukirdi, mengatakan tempat ini merupakan salah satu hutan konservasi.

“Kami mendapat ijin mengelola seluas 20 hektar, selama 20 tahun 1969-1989. Kemudian diperpanjang 1989-2009, 2009-2029,” kata Sukirdi.

Dia juga menjelaskan selalu melaporkan keuangan secara rutin. Bahkan setiap bulan, paling lambat tanggal 5 memberikan laporan. Selain itu, pengelolaan juga bekerjasama dengan Pemkab Karanganyar, dengan melakukan promosi wisata.

“Restribusi Rp. 2000 per tiket masuk untuk Pemkab Karanganyar, untuk biaya pengembangan wisata alam,” katanya.

Dari Pemkab Karanganyar tampak hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edy Yusworo, dan perwaikilan dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga. (pd/adt)