Pembukaan Manasik Haji, Sekda : Berlatih Sabar, Perbanyak Amal Sholih

Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Dihadiri Sekda Karanganyar Samsi (Tengah) didampingi Kepala Kemenag Karanganyar Mustaim Ahmad (Kiri dari tengah), Ketua IPHI Karanganyar Abdul Muid (Kanan dari tengah), Rabu 09/05.

Karanganyar, Rabu 9 Mei 2018

Pemerintah Kabupaten Karanganyar bekerjasama dengan Kementerian Agama Karanganyar menggelar bimbingan manasik haji kepada jamaah Calon Haji Kabupaten Karanganyar Tahun 2018 di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar, Rabu (9/5).

Bimbingan Manasik Haji yang diselenggarakan selama dua hari (9-10/5) tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi selaku mewakili Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Karanganyar.

Dalam sambutannya, Samsi, berpesan kepada seluruh jama’ah Calon Haji Kabupaten Karanganyar untuk melatih kesabaran dan memperbanyak amal sholih.

“Latihan sabar, jangan mengedepankan egonya masing-masing. Karena di tanah suci nantinya semua akan diperlihatkan sifat aslinya,”tuturnya.

Ia juga menyampaikan agar para jamaah Calon Haji untuk selalu memperbanyak amalan sholih, pahala hingga mencapai gelar Haji Mabrur.

Sementara itu Kepala Kementarian Agama Karanganyar, Musta’in Ahmad meminta para jama’ah Calon Haji Kabupaten Karanganyar khususnya untuk wajib hadir disetiap kegiatan manasik haji baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan. Karena kegiatan manasik haji begitu penting untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji.

“Tidak semua IPHI menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Dua kali pembekalan di Kabupaten dan enam kali di Kecamatan, minimal 45 Jama’ah Calon Haji, bila kurang akan digabungkan dengan jama’ah calon haji dari kecamatan lain. Untuk itu Manasik haji ini hukumnya wajib, wajib dihadiri dan diikuti karena ini bekal kita untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji,”tandasnya.

Ia berharap dengan diselenggarakannya manasik haji ini, jama’ah Calon Haji dapat memahami tata pelaksanaan haji sehingga mendapat predikat haji mabrur.

Demikian Diskominfo (ind/dn/an)