Tari Gambyong Menjadi Pembuka Upacara Penutupan HUT Ke-43 TMII

Penampilan tari Gambyong Kabupaten Karanganyar dalam HUT yang ke-43 TMII (22/04)

Karanganyar, Minggu 22 April 2018

Sebanyak 20 penari Asal Kabupaten Karanganyar dengan cantik dan luwesnya menarikan Tari Gambyong Pareanom di pelataran Tugu Api TMII saat Penutupan Acara Rangkaian HUT Ke-43 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu Siang (22/04).

Tari Gambyong Pareanom merupakan tari tradisional berasal dari Surakarta, tari ini sering dimainkan saat penyambutan tamu kehormatan. Pada jaman dahulu, tarian ini dimainkan untuk mengundang Dewi Sri (Dewi Padi) agar memperoleh hasil panen yang melimpah.

Selain suguhan Tari Gambyong Pareanom oleh Kabupaten Karanganyar, tampil juga mengisi acara Perkusi Nusantara yang merupakan kolaborasi 50 musik Dholl dan 66 musik etnik Nusantara dari 33 Provinsi serta kesenian rakyat seperti Kuda Kepang, Barong Caplok, Akrobatik, dan Sisinggaan.

Asisten Pembangunan dan Kesra Setda Karanganyar Siti Maesyaroch mewakili Bupati Karanganyar yang hadir dalam acara tersebut puas dengan penampilan Kabupaten Karanganyar.

“Walaupun hujan deras mengguyur lokasi, semangat dalam memberikan tontonan yang terbaik mendapatkan apresiasi dari penonton”, Kata Siti

Diharapkan dengan tampilnya Kabupaten Karanganyar di TMII mampu mempromosikan Kabupaten paling ujung timur di Propinsi Jawa Tengah.

Turut hadir dalam acara penutupan HUT Ke-43 TMII, Sekretaris Menpora RI dan Perwakilan dari Provinsi Bengkulu serta Kalimantan Selatan. Demikian Diskominfo (ad)