SIDAK PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMP/MTS

Diskominfo
Sekda Karanganyar di dampingi Asisten 1 Pemerintahan dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sidak persiapan Ujian Naisonal tingkat SMP/MTS di SMPN 2 Karanganyar dan SMPN 5 Karanganyar, Senin (23/04)

Karanganyar, 23 April 2018

SMP Negeri 2 Karanganyar menjadi Sekolah pertama yang mendapat kunjungan sidak persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (USBN) untuk SMP/MTS di Kabupaten Karanganyar. Selanjutnya adalah SMP Negeri 5 Karanganyar yang melaksanakan Ujian Nasional bertempat di SMA N 1 Karanganyar karena belum memiliki ruang Lab Komputer menjadi sasaran sidak kesiapan ujian nasional kali ini.

Sekda Karanganyar, Samsi di dampingi Asisten 1 Pemerintahan Bachtiar Syarif, dan juga Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan , Tarsa yang ikut terjun langsung meninjau sekolah-sekolah tersebut diatas guna melihat kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa menyampaikan bahwa masih banyak SMP/MTS di Kabupaten Karanganyar yang belum memiliki ruang Lab.Komputer untuk pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ini. Dan beliau sudah mengajukan anggaran 23 Miliar untuk memenuhi pengadaan peralatan Ujian di sekolah-sekolah yang belum memiliki ruang Lab.Komputer agar pada tahun-tahun berikutnya masing-masing sekolah sudah bisa melaksanakan ujian dengan mandiri tanpa harus nebeng di sekolah lain.

Kepala Disdikbud, Tarsa juga  menerangkan bahwa UNBK itu ujian nasional berbasis komputer, untuk sekolah pelaksana UNBK sebanyak 78 sekolah untuk SMP/MTS yang terdiri dari 53 SMP dan 25 MTS dengan peserta sebanyak 7.873 siswa SMP dan 2063 untuk MTS total 9.936 siswa, sekolah yang mandiri ada 24 sekolah, kemudian sekolah yang melaksanakan ujiannya menumpang di SMA/SMK sebanyak 54 sekolah, setiap ruang yang akan di gunakan ujian (laborat komputer) diawasi oleh pengawas ruang, proktor, dan teknisi.

Sedangkan sekolah yang belum bisa menggelar UNBK masih menggelar UNKP Ujian nasional berbasis kertas dan pensil, jumlah sekolah yang ujiannya UNKP ada 25 SMP, jumlah peserta UNKP ada 2.830 siswa, ruang ujianya diawasi dengan pengawas silang seperti biasanya.

Sekda Kabupaten Karanganyar, Samsi menyampaikan bahwa beliau meliat semua komponen untuki persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (USBN) untuk tingkat SMP/MTS ini semuanya sudah siap, adapun tadi terjadi sedikit gangguan teknis karena blank server dari pusat itupun sudah bisa teratasi, dan beliau juga berharap semoga pengajuan dana dari Disdikbud sebesar 23 Miliar bisa segera terealisasi untuk pemenuhan ruang Lab.Komputer di sejumlah sekolah yang belum bisa menyelenggarakan ujian secara mandiri. Agar nantinya semua sekolah di Kabupaten Karanganyar bisa menyelenggarakan ujian secara mandiri di masing-masing sekolah.

Sekian Diskominfo (Ardi)