FK Metra Ajak Hidup Sehat

FK Metra Kabupaten Karanganyar saat pentas di Grobogan

Karanganyar, Kamis (26/04/2018)

Forum Komunikasi (FK) Media Tradisional Kabupaten Karanganyar   ajak masyarakat untuk hidup sehat dan bersih mulai dari diri sendiri.

Ajakan tersebut digambarkan melalui pentas FK Metra Karanganyar dalam seleksi Tingkat Jawa Tengah yang juga diikuti oleh Kabupaten Kendal, Grobogan, Demak, Kota Salatiga dan Semarang, di Pendopo Bupati Grobogan, Rabu (25/04) siang.

Sutradara pentas tradisional itu, Joko Dwi Suranto menuturkan tema yang diambil adalah ajakan dan dukungan gerakan masyarakat (germas) untuk hidup sehat di lingkungan masing-masing.

“Sehat dimulai dari pribadi, keluarga dan lingkungannya. Pola  dan  kebiasaan menjadi tolok ukur hidup sehat,” kata Joko Dwi Suranto, sebelum pentas.

Dalam kesempatan itu, sandiwara tradisional tersebut juga mengedukasi masyarakat untuk tidak minum minuman keras, tidak buang sampah sembarangan dan tidak buang air besar sembarangan.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah, Evi Sulistyorini, mengatakan tahun ini memang berbeda selain karena selain meningkatkan produk perekonomian daerah juga mengandung maksud untuk saling mengenal seni tradisi daerah lain.

“FK Metra mampu menjadi media alternatif untuk edukasi segala hal pembangunan di Jawa Tengah. Ada pesan-pesan sosial yang disampaikan selain pesan moral,” kata Evi Sulistyorini.

Lebih lanjut, dia mengatakan tahun ini ada tiga tema yang lombakan, yakni gerakan masyarakat sehat, pilkada damai dan bulan bakti gotong royong dengan pesan ajakan untuk masyarakat.

Pada kesempatan itu, dia mengimbau untuk menonjolkan budaya masing-masing apalagi saat ini berada di era digital, ada yang abai terhadap seni pertunjukan tradisional namun bangga kepada anak muda yang masih peduli terjadap seni lokal.(pd)