Gayeng, Ibu Ibu Desa Nglebak Lomba Wiru Jarik

Ibu-ibu Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu mewiru jarik dalam rangka memperingati perjuangan RA Kartini

KARANGANYAR -21 April 2018

Tepuk tangan meriah menandai lomba Wiru Jarik Di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu. Damiyem, Sugiyem, Yatiningsih dan Marsih peserta lomba wiru jarik terlihat melipat kecil-kecil sebanyak 7 lipatan. Di tengah liputan, sorak sorai tepuk tangan menghiasi lomba unik tersebut. Tak lupa pada saat lomba, peserta sambil guyonon dan saling menjatuhkan dengan kata-kata. “Dhuwur gede ngsiro cilik (Atas Besar bawah kecil) –lipatannya tidak rata,” ujar Marsi menggoda Yatiningsih.

Lomba yang berlangsung 10 menit sangat seru karena jika tidak terbiasa maka lipatannya tidak rapi. Ketidakrapian itu tentu akan mengurangi penilaian. Setelah 10 menit berlalu, peserta tegang mendengarkan pengumumaan. Bu Marsih sangat berharap menang namun lipatnnya tidak rapi. “Kesulitan kami karena kainya sangat lemes. Jika lemes maka dilipat tidak sekali

Pak Camat Tawangmangu, Rusdiyanto memberikan sambutan dalam lomba Wiru Jarik di Desa Nglebak

jadi,” tuturnya pasrah.

Sementara Yatiningsih pede bakal menjadi juara. Sebab pihaknya sudah selesai sebelum waktu 10 menit yang sudah ditentukan. Dia mengaku kesulitan karena kain jariknya sangat lemes. Jika kain lemes tidak bisa sekali lipatan atau klau berhasil tidak rapi. Meski demikian, Yatiningsih mengaku senang bisa mengikuti lomba wiru jarik dalam rangka Hari Kartini. Demikian, gambaran kecil puluhan ibu-ibu desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu memperingati lomba Kartini.

Camat Tawangmangu, Rusdiyanto mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan ibu-ibu di Desa Nglebak. Hal ini bisa memberikan contoh kepada generasi penerus dalam menghargai para pahlawan. Apa yang telah diperjuangkan Kartini, menurut Rusdiyanto perlu mendapatkan apreasi. “Ini Wujud kesetaraan yang diinginkan Ibu Kita Kartini. Kesetaraan dengan laki-laki yang saat ini sudah banyak kita ketahui. Banyak camat putri, bupati putri,” imbuhnya.  (hr)