DINAS PENDIDIKAN GELAR DO’A BERSAMA MENJELANG UJIAN NASIONAL DAN USBN TINGKAT SMP DAN SD

Diskominfo
Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Raharjo. SH.Msi di dampingi Oleh Sekda Karanganyar, Asisten dan beberapa Kepala OPD hadiri Do’a Bersama menjelang Ujian Nasional SMP dan SD Tahun 2018 di Aula Ki Hajar Dewantoro Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar, Rabu (19/04)

Karanganyar, 19 April 2018

Bertempat di Aula Ki Hajar Dewantoro Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, Kepala Disdikbud Karanganyar mengadakan Do’a Bersama menjelang Ujian Nasional SMP/MTS dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk SD/MI Kabupaten Karanganyar Tahun 2018. Diawali dengan melangsungkan sholat isya’ berjama’ah dan dilanjutkan dengan melaksanakan Sholat Hajat berjama’ah, acara berlangsung dengan sangat khitmat yang di pimpin oleh Kepala kemenag.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa menyampaikan pada pidato sambutanya bahwa Ujian Nasional untuk jenjang SMP/MTS akan di laksanakan pada tqanggal 23-26 April 2018 dan Ujian Nasional untuk jenjang SD/MI akan mulai di laksanakan pada tanggal 03 Mei 2018.  Dalam pidato sambutanya Kepala Disdikbud Karanganyar, Tarsa melaporkan tujuan diselenggarakanya do’a bersama ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang di selenggarakan oleh Disdikbud, dengan harapan untuk pelaksanaan ujian bisa berjalan dengan tertib dan menghasilkan hasil ujian yang memuaskan.

Kepala Disdikbud, Tarsa juga  menerangkan bahwa UNBK itu ujian nasional berbasis komputer, untuk sekolah pelaksana UNBK sebanyak 78 sekolah untuk SMP/MTS yang terdiri dari 53 SMP dan 25 MTS dengan peserta sebanyak 7.873 siswa SMP dan 2063 untuk MTS total 9.936 siswa, sekolah yang mandiri ada 24 sekolah, kemudian sekolah yang melaksanakan ujiannya menumpang di SMA/SMK sebanyak 54 sekolah, setiap ruang yang akan di gunakan ujian (laborat komputer) diawasi oleh pengawas ruang, proktor, dan teknisi.

Sedangkan sekolah yang belumbisa menggelar UNBK masih menggelar UNKP Ujian nasional berbasis kertas dan pensil, jumlah sekolah yang ujiannya UNKP ada 25 SMP, jumlah peserta UNKP ada 2.830 siswa, ruang ujianya diawasi dengan pengawas silang seperti biasanya.

Hadir dalam acara Do’a bersama ini hadir pula Pjs Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi Raharjo.SH.Msi yang di dampingi oleh Sekda Karanganyar, Asisten dan beberapa Kepala OPD di Pemerintahan Kabupaten Karanganyar. Dalam pidato sambutanya beliau Pjs Bupati Karanganyar menyampaikan banyak ucapan terima kasih dengan adanya acara Do’a bersama seperti ini, karena walau kadang orang memandang acara Do’a bersama menjelang pelaksanaan USBN ini adalah acara formalitas atau acara sederhana, tapi beliau menjelaskan bahwa dampak yang akan terjadi dari acara Do’a bersama ini nantinya akan sangat luar biasa. Salah satunya yaitu dapat terciptanya suasana ujian yang kondusif, nyaman, tenang, sehingga para siswa yang melaksakan ujian bisa berkonsentrasi penuh untuk hasil yang memuaskan, dan para guru yang menjadi pengawas pun juga akan lebih bergairah untuk bertugas, jelas beliau di sambut dengan tawa ringan dari para peserta Do’a bersama.

Beliau Pjs Bupati Karanganyar berharap semoga pelaksanaan ujian untuk SMP/MTS dan SD/MI untuk tahun ini, hasilnya bisa jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Agar bisa mendongkrak prestasi Kabupaten Karanganyar dari sektor Pendidikan, jelas beliau di akhir pidato sambutanya.

Demikian Diskominfo (Ardi/Kris)