KPU TETAPKAN DPT, 681.477 WARGA KARANGANYAR PUNYA HAK PILIH

 

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho sedang memberikan keterangan mengenai DPT

Karanganyar, 20 April 2018

KPU Karanganyar menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jateng dan Pilbup Karanganyar sebanyak 681.477 orang. Jumlah tersebut turun dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) awal sebanyak 682.987 orang. DPS ditetapan dalam rapat pleno terbuka di Hotel Taman Sari Karanganyar, Rabu (19/4/2018) sore.

DPT ini ditetapkan setelah dilakukan perbaikan DPS, mulai  dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

“Ini hasil perbaikan berjenjang dari desa, kelurahan, kecamatan dan masukan dari panwas dan catatan sipil,” kata Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho.

Selain itu dijelaskan pula syarat utama penduduk potensial pemilu di DPT sudah harus lolos verifikasi faktual seperti berusia 17 tahun, dibawah 17 tahun tapi sudah menikah, tidak terganggu jiwa, memiliki KTP elektronik maupun bersurat keterangan sudah rekam data KTP, apabila pemilih terdaftar dalam database kependudukan.

Ditambahkannya, setelah penetapan DPT,  KPU  akan terus melakukan pemeliharaan dan update data pemilih secara terus menerus, hingga hari pemungutan suara.

“ Jika masih ada warga  yang  belum masuk DPT padahal sudah memiliki hak pilih, maka tetap bisa menggunakan hak pilihnya saat hari H pemungutan suara dengan syarat menunjukkan KTP elektronik ataupun surat keterangan jika belum memegang KTP elektronik, pada petugas pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS),” tutupnya. Demikian DISKOMINFO(yg)