Tradisi Tahunan Desa Plesungan

Diskominfo
Pjs Bupati Karanganyar dan beberapa Kepala OPD hadiri Kirab Sedekah Bumi di Sendang Plesungan Desa Plesungan Gondangrejo, Rabu(18/04)

Karanganyar, 18 April 2018

Kecamatan Gondangrejo tepatnya di Desa Plesungan yang berbatasan langsung dengan kota terletak diunjung barat Kabupaten Karanganyar ternyata memiliki budaya tradisi yang masih kental yang diadakan tiap tahunnya yakni Kirab Budaya Sedekah Bumi berlangsung di Desa Plesungan Kecamatan Gondangrejo, Kamis(19/04)

Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Angooro Budi Rahardjo, mengatakan  takjub bahwa Karanganyar begitu luar biasa mengadakan acara kirab budaya sedekah bumi seperti ini yang masih kental dengan adat.

“Ini akan menjadi ceita tersendiri bagi saya.”ujarnya.

Lebih lanjut juga mengatakan hari ini dibuktikan secara bersama, duduk bersama dan makan bersama dari masyarakat hingga pemimpin membaur menjadi satu demi terjalinnya kondisi Kabupaten Karanganyar yang damai dan sejahtera dengan harapan semoga sukses untuk wilayah Kecamatan Gondangrejo dan Kabupaten Karanganyar.

Sementara itu, Kepala Desa Plesungan Kecamatan Gondangrejo, Waluyo, mengatakan sebanyak 65 RT dan 14 RW se-desa Plesungan ikut berpartisipasi dalam Kirab Budaya Sedekah Bumi.

“semoga ditahun yang akan datang acara ini bisa terlaksana lagi,” harapnya.

Kelebihan dari Desa Plesungan ini telah melaksanakan kewajiban membayar pajak bumi dan bangunan dan meresmikan obyek wisata Sendang Plesungan yang diresmikan pada tanggal 14 Desember 2017. Tujuan obyek wisata ini untuk menanam saham bagi masyarakat, sejauh ini terdapat 255 saham yang sudah tertanam  dengan nilai 1 saham sebesar 1 juta dan yang tertanam sebesar 1,5 miliar. Dengan pendapatan  selama 4 bulan setelah dibuka rata-rata mencapai 75 juta per bulan.

Demikian Diskominfo (Ardi/Imas/Karin)