Ratusan Pendidik Diseleksi Jadi Guru Prestasi

Sejumlah guru mengikuti tes tulis seleksi untuk guru berprestasi

KARANGANYAR, 19 April 2018

            Ratusan pendidik mulai dari Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas (TK/SD/SMP) mengikuti seleksi kependidikan berprestasi. Ajang bergensi bagi insan pendidik tersebut memang memilih guru terbaik diantara guru yang tersebar di 17 Kecamatan yang paling berprestasi.

“Peserta seleksi kali ini sebanyak 115  peserta berasal dari jenjang guru, kepala sekolah, dan pengawas TK, SD, SMP. Mereka akan diteliti secara administrasi dan hasil ujian untuk menjadi guru  berprestasi,” papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa usai memberikan pengarahan kepada guru, pengawas dan kepala sekolah di SMA SMA N 1 Karanganyar, Kamis (19/04).

Tarsa menambahkan bagi guru dengan mendapatkan berprestasi akan mendapatkan penghargaan atau reward. Selanjutnya, mewakili Kabupaten Karanganyar mengikuti seleksi ke tingkat provinsi. Dalam seleksi tersebut diukur empat kompetensi. Yakni professional dalam bekerja, pendadogik, kepribadian dan sosial serta ditambah 8 standar nasional pendidikan. “Sedangkan test meliputi test tertulis, wawancara dokumen portofolio, wawancara paparan best practice penghargaan yang pernah didapat di sekolah,’ imbuhnya

Sementara itu, Kabid Ketenagaan dan Kesiswaan Disdikbud Karanganyar, Nurini Retno Hartanti mengatakan jika guru tersebut memiliki segudang prestasi maka dipasrtikan menjadi juara. Misalnya guru mengikuti penelitian, mengikuti diklat, memiliki kompetensi. Pendek kata,  semakin banyak practice itu menjadi bahan pertimbangan dam menambah poin nilai. Apalagi, jika guru tersebut berkecimpung di sosial masyarakat juga menambah nilai. Seseorang dinilai  secara makro tidak hanya akademis akan tetapi non akademis juga yang bisa menjadi tauladan,” tambahnya. (Yg/Karin/Imas/Hr)