GALA DINNER INTERNATIONAL CONFERENCE On PUBLIC HEALTH

Diskominfo
Sekda Karanganyar mewakili Pjs Bupati Karanganyar hadiri Gala dinner (ICPH) International Conference On Public Helath di ruang Anthorium Pendopo Rumah Bupati Karanganyar, Rabu (18/04)

Karanganyar, 18 April 2018

Seiring dengan adanya seminar (ICPH ) International Conference  On Public Health yang di helat di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), panitia mengadakan Gala Dinner untuk para peserta di Ruang Anthorium Pendopo rumah dinas Bupati Karanganyar. Panitia menyampaikan alasannya mengapa acara Gala Dinner di adakan di Kabupaten Karanganyar adalah karena Pemerintah Kabupaten Karanganyar mempunyai ikatan hubungan baik dengan UNS dan juga karena Kabupaten Karanganyar memiliki daya tarik budaya dan wisata yang bisa di perkenalkan untuk para Peserta Seminar yang kebanyakan pesertanya adalah Profesor dari Negara Adidaya (USA) Amerika Serikat.

Prof. Bisma selaku Dosen dan juga pemrakarsa acara seminar ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Karanganyar karena telah bersediah menjadi tuan rumah untuk acara Gala dinner ini, beliau juga menjelaskan bahwa acara International Conference Public Helath ini sudah digelar untuk yang ketiga kalinya. Tujuan dari konferensi internasional tentang kesehatan masyarakat ini adalah membahas isu-isu kesehatan yang penting, pembahsan ini didasarkan hasil penelitian di berbagai negara yaitu tentang keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan dimana di era orde baru sangat terkenal dengan program keluarga berencana yang saat ini sudah sangat menurun programnya. Prof Bisma selaku panitia mendatangkan pembicara terkait dengan tema tersebut, yaitu Profesor Syahri Dolken dari Universitas Washington di Amerika, Doktor Carry yang juga dari Universitas Washington, dan hadir pula Profesor muda yang usianya baru 28 tahun yaitu Profesor yang bekerja di Holland Missigan USA, dan yang terakhir Prof Maydo dari Vietnam. Dan hadir juga peserta dari Papua selaku perwakilan dari Universitas Cindrawasih.

Sementara itu hadir pula dalam acara Gala Dinner ini Sekda Karanganyar mewakili Pjs Bupati Karanganyar yang berhalangan hadir, dan beberapa Pejabat di pemerintahan Karanganyar juga beberapa Kepala OPD terkait dengan Tema konferensi ini, antara lain Asisten I, II, dan III, hadir pula Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DP3APPKB, Kepala dinas Pendidikan, Kepala dinas Kominfo, Sekretaris Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi, Kabag Umum, Kabag Humas, Camat Colomadu, Kepala Puskesmas Colomadu I & II, dan hadir pula Nara Sumber Sekaligus Motivator Teladan Nasional asal Karangpandan Karanganyar Bp. Suwarso.

Sekda Karanganyar, Samsi dalam pidato sambutanya menyampaikan ucapan banyak terimaksih karena sudah memilih Kabupaten Karanganyar untuk acara Gala Dinner ini dan penelitiannya tentang kesehatan masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa hidangan yang disuguhkan malam ini adalah hidangan khas dari Kabupaten Karanganyar dan yang paling spesial menurut Sekda Karanganyar adalah Wedang Ronde, minuman yang bisa menghangatkan badan setelah meminumnya, minuman bagi para Raja jaman dahulu dan juga minuman untuk para tamu kehormatan jelas beliau dalam pidato sambutanya. Sekda Karanganyar, Samsi juga menyampaikan tarian Gambyong yang di suguhkan adalah tarian khas dari jawa Tengah yang bermaksud untuk menghormati tamu kehormatan, yang biasa di suguhkan di acara-acara yang sakral untuk tamu-tamu kehormatan.

Bp. Suwarso, selaku Kader Motivasi Teladan Nasional di bidang keluarga berencana yang juga sebagai nara sumber asal Desa Gerdu Karangpandan Karanganyar yang mengaku sudah mengikuti program keluarga berencana dengan program Fasektomi sejak Tahun 1998. Beliau menjelaskan untuk mengendalikan laju perkembangan penduduk di Indonesia ini salah satunya adalah dengan program KB (Keluarga Berencana). Untuk program KB yang kita alami dalah MKJPMOP, adalah operasi kecil yg tidak membahayakan sekali melaksanakan sampai akhir hayat tidak merubah-rubah. Beliau menghimbau untuk program Keluarga Berencana MKJPMOP ini di support agar bisa berhasil.

Demikian Diskominfo (Ardi)