Lalung Unggulkan UKM Dan Seni Dalam Lomba Desa

diskominfo
Asisten Pemerintah Setda Karanganyar, Bachtiyar Syarif saat memberikan sambutan dihadapan tim verifikasi lomba desa dan kelurahan serta undangan, Selasa Siang (17/04)

Kelurahan Lalung menjadi tujuan keempat tim verifikasi lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Karanganyar yang berlangsung di halaman Kelurahan Lalung, Selasa pagi (17/04). Dalam perlombaan ini Kelurahan Lalung berbeda dengan desa lain yakni mengunggulkan UKM  dan Seni yang dimilikinya.

Terdapat beberapa program kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti di bidang industri makanan dan industri kerajinan, beberapa produknya antara lain kerajinan sarung jok mobil, kerajinan pembuat baki lamaran, produk tahu, produk tempe, produk rangin, produk jamu tradisional, produk sermier, dan produk stik cumi-cumi. Tidak hanya di sektor industri, Kalurahan Lalung juga memiliki potensi di bidang pertanian dan peternakan dengan berbagai program yakni lahan tanam padi, kandang komunal ternak sapi, pengolah biogas kotoran sapi, dan kolam ikan komunal Pondokrejo.

Selain itu, Kelurahan Lalung juga memiliki Dalang cilik bernama Fajri Nur Salim dari dusun Manggis. Saat ini Fajri bersekolah di SDN 02 Lalung dan pertunjukkan Wayang Kulit dengan Judul Gatotkaca Jumeneng Noto menjadi daya tarik saat dipentaskan di hadapan Tim Verifikasi Lomba Desa dan Kalurahan tingkat Kabupaten.

            Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Karanganyar, Bachtiar Syarif, mengapresiasi antusiasme masyarakat Lalung dalam menyambut lomba ini. Kerjasama semua pihak dari Kecamatan, Kalurahan, dan masyarakat sungguh terlihat dari kesiapan mereka dalam mempersiapkan materi dan kondisi dari 8 indikator yang akan menjadi objek penilaian.

“Mudah-mudahan bisa menang ditingkat Kabupaten dan bisa mewakili Karanganyar ditingkat Provinsi, semoga bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Lalung, Agus Gunandir, menyampaikan terdapat 8 indikator dalam penilaian desa ini antara lain pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, kemananan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Ia juga menyebutkan bahwa lalung memiliki daya tarik masyarakat luar seperti Waduk Lalung, Waterland Lalung dan Telaga Rindu Lalung. Kelurahan Lalung terdiri dari 5 Dusun yaitu, Dusun Manggeh, Dusun Ngaliyan, Dusun Tegalsari, Dusun Manggis, dan Dusun Lalung. Demikian Diskominfo (ad/karin/imas)