Tak Punya E-Toll, Anda Tidak Bisa Gunakaan Jalan Tol

Kepala Perwakilan BI SOlo, Pandu Widiarto memberikan keterangan penggunaan Unik untuk memakai jalan tol

KARANGANYAR – 15 April 2018

Anda belum mempunyai Uang Elektronik (unik) ? Jika anda belum mempunyai Unik atau non cash dipastikan anda tidak akan bisa menggunakan jalan tol Solo-Kertosono atau jalan tol lainnya. Sebab tahun ini dipastikan transaksi di jalan tol sepenuhnya akan menggunakan E Toll atau kartu elektronik untuk pembayaraan masuk atau keluar jalan tol. Kondisi itu dipastikan setelah Bank Indonesia Perwakilan Solo melakukan sosialisasi penggunaa unik di alun-alun Karanganyar Minggu (15/04).

“Masyarakat harus teredukasi dengan baik penggunaan (unik). Sebab rencananya kami tahun ini 100 persen masuk dan keluar jalan tol menggunakan kartu unik atau non cash,” papar Kepala Perwakilan BI Solo, Pandu Widiarto kepada Karanganyar.go.id di sela-sela acara pengenalan Unik.

Pandu menambahkan program 100 persen non tunai ini juga sekaligus mengecek kesiapan dari Bank, Pemkab Karanganyar, dan masyarakat bumi intanpari. Sebab masyarakat harus tahu bagaimana cara penggunannya, pembayaraan dan sekaligus isi ulangnya. Apalagi, Karanganyar sebagai salah satu perlintasan jalan tol sehingga masyarakatnya harus tahu. “Kami juga mengajak pengelolaan jalan tol dan infrastukturnya Bpk David dan jasa marga. Kami juga mengundang bank agar menyiapkan kartunya dengan baik. Sehingga ketika melintas di jalan tol sudah tidak menggunakan lagi uang cash,” tambahnya.

Menurutnya penggunaan non

EKo Wardoyo salah satu orang penerima E-Toll dari Wakapolres Karanganyar, Wakapolres Karanganyar Kompol Dyah.

cash pada jalan tol ini sebenarnya sudah dimulai sejak Oktober 2017 lalu. Sementara daerah-daerah lain sudah menggunakan. Menurut Pandu dengan penggunaaan kartu unik maka masyarakat akan terhindar dari kemacetan, aman, cepat dan nyaman. “Klau mau isi ulang juga mudah, di gerai-gerai toko dan tentu dari bank sendiri akan dengan mudah isi ulang,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Samsi mengatakan Pemkab Karanganyar mensuport kegiatan ini. Sebab saat lebaran nanti, jalan tol sudah pasti digunakan sehingga kartu elektronik juga akan dipakai. Sosialisasi ini menjadi penting sebab semua transaksi saat menggunakan jalan tol sudah non tunai. “Semua masyarakat dan stekholder diudang dalam acara sosialisasi ini. Tujuannya agar semua masyarakat pengguna jalan tol sudah menggunakan Unik jika akan masuk tol,” imbuhnya. (hr)