Dandim 0727/Kra Tanam Padi IR64 Bersama Penyuluh

 

 

Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Inf M.I. Mochtar memberikan sambutan dalam rangka Pembinaan Ketahanan Pangan Nasional. Jumat pagi (13/04)

Karanganyar, 13 April 2018

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri, Kodim 0727 Karanganyar adakan penanaman padi jenis IR64 di lahan demplot Desa Wonolopo Kecamatan Tasikmadu, Jumat Pagi (13/04). Penanaman dilakukan dilahan milik Kepala Dusun Wonolopo, Sardi, dengan luas 1 hektar.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Infantri Muhammad Ibrahim Mochtar, berharap melalui program ini dapat meningkatkan kapasitas produksi padi sekitar kurang lebihnya 2 ton beras dalam lahan seluas 1 Ha tersebut. Pengolahan lahan menggunakan sistem Jarwo tidak menggunakan transplanter mengingat kontur lahan demplot dan dibantu dengan pupuk organic sehingga hasil yang dicapai dapat maksimal.

“Hasil panen nantinya dapat dinikmati warga sekitar dan sebagian akan disimpan di Gudang Bulog untuk antisipasi kebutuhan pangan apabila terjadi bencana”, Ujarnya

Letkol Inf M.I. Mochtar menambahkan dalam lahan 1 HA ditargetkan akan menghasilan produksi padi sebanyak 8 hingga 9 ton. Dari produksi tersebut akan disisihkan 2,5 Ton untuk stok pangan Kodim 0727/KRA dan sisanya sebagai cadangan beras yang akan dititipkan di Gudang Bulog untuk ketahanan pangan nasional apabila sewaktu-waktu di wilayah tertentu terjadi bencana alam.

Selain menanam padi, Kodim 0727/KRA juga menyiapkan lahan sayuran di Rumah Pangan Lestari yang terletak di Makodim 0727/KRA dengan menggunakan polybag sejumlah 150 tanaman.

Sementara itu, Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karanganyar, Riyanto Sujudi, mengatakan Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Pertanian dan Pangan siap bersama-sama dengan Kodim 0727/KRA mensukseskan program ini melalui pendampingan dan pembinaan ketahanan pangan dengan menerjunkan Penyuluh Pertanian Lapangan.

Demikian Diskominfo (Ad/Karina/Imas)