Bukan Hanya Fisik, Penyuluhanpun Dilakukan

Kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh TNI, bersama BPN dan Disdukcapil Karanganyar

KARANGANYAR – 10 April 2018

Pelaksanaan TMMD reguler ke 101 bukan hanya menyasar fisik semata. Namun, anggota Kodim 0727 Karanganyar juga melakukan penyuluhan perundang-undangan dan peraturan yang lain. Penyuluhan yang dilakukan pada masyarakat itu berupa pendataan penduduk seperti Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP, pembuatan sertifikat dan penyuluhan tentang keluarga berencana. Penyuluhan tersebut diselenggarakan di gedung Balai Pertemuan Desa Karang, Kecamatan Karangpandan itu juga menggandeng pihak terkait seperti Disdukcapil dan Badan Pertanahaan Nasional (BPN) Karanganyar.

“Warga desa Karang sangat antusias untuk mengikuti penyuluhan tentang pertanahaan. Kami memberikan paparan tentang pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL),” papar Teguh Sutrisno A. Ptnh, MM

Sementara perwakilan dari Disdukcapil Kabupaten Karanganyar , Any Rahayu Styaningrum, SH. Dalam kesempatan itu, Any memaparkan tentang pendataan penduduk atau bagaimana mendapatkan akta gratis dan syarat – syarat apa yang diperlukan dalam mencari akta gratis. Diharapkan dengan penyuluhan masyarakat tidak kebingungan dalam membuat akte gratis.

Selain itu, anggota koramil 09/Ngargoyoso, Sertu Agus Sutopo menambahkan  sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat untuk menginovasi daerahnya sendiri. Serta menumbuhkan kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya menuju kehidupan sosial kemasyarakatan yang lebih maju, sejahtera dan mandiri. “Sasaran non fisik bertujuan menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme dalam rangka memantapkan semangat bela negara yang sangat penting untuk mempertahankan NKRI,”terang Agus. (hr/Pendim 0727 Kra)