Pemkab Sosialisasikan Pemasangan Tapping Box

Sosialisasi Taping Box untuk pajak hotel, restoran dan hiburan di Hotel Lor In Colomadu Karanganyar

KARANGANYAR, Selasa 3 April 2018

Genjot Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar bakal segera memasang terminal monitoring device (tappingbox) di Hotel, Restoran dan Hiburan di bumi intanpari. Pemasangan itu diharapkan dapat diketahui secara pasti pendapatan dari Hotel, Restoran dan Hiburan terkait pajaknya.

“Perlu kesadaran bagi yang punya usaha supaya memenuhi pajaknya. Jangan sampai omsetnya Rp 10 juta, misalnya tapi hanya dikatakan Rp 1 juta. Hari ini kami akan melakukan sosialisasi pemasangan terminal monitoring device (Tappingbox) pada wajib pajak Hotel, Restoran dan Hiburan di Karanganyar,” papar Kepala BKD Karanganyar, Sumarno.

Dia menambahkan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh BPK. Pihaknya berharap laporan keuangan tahun Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti tahun-tahun sebelumnya. Dalam pengelolaan yang cukup bagus tersebut, Pemkab Karanganyar ini mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) oleh pemerintah pusat. Tahun 2

Peserta dari pengusaha Hotel, Restoran dan Hiburan di Karanganyar mengikuti seksama sosialisasi tapping box

015 Karanganyar menerima DID Rp 5 miliar, tahun 2015 mendapatkan DID Rp 48 miliar dan pada tahun 2016 menerima DID Rp 68,2 miliar. “DID ini diberikan pemerintah pusat karena Kabupaten Karanganyar bisa meningkatkan PAD. Selain PAD unsur penilaian untuk mendapatkan DID adalah APBD tepat Waktu dan laporan Keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Karanganyar, Samsi mewakili Pjs Bupati Karanganyar, mengatakan seiring tantangan untuk PAD harus diupayakan secara maksimal dengan adanya kemajuan teknologi. Apalagi saat ini informasi dan transaksi sudah banyak yang online. Pihaknya berharap pemasangan tappingbox dibeberapa obyek pajak yang sudah ditunjuk berdasarkan cek lokasi dan pemeriksaan omset akan berjalan dengan baik dan lancer. Mengingat pemasangan tappingbox bertujuan untuk mewujudkan transaksi asas efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan pajak guna meningkatkan PAD di sektor pajak daerah.“Ini merupakan tuntutan jaman, kapanpun kita akan menggunakan alat seperti ini dan kami berkerja sama dengan bank Jateng sebagian di Anggarkan melalui APBD”, tuturnya. (hr/Imas/Karin)