IPHI Peringati Hari Lahir ke 28 Tahun

Sekda Karanganyar, Samsi ikut serta di jalan sehat memperingati Hari Lahir IPHI Karanganyar

Karanganyar, Minggu (25/03/2018)

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karanganyar memperingati Hari Lahir ke 28 Tahun, tahun 2018. Berbagai macam kegiatan telah diselenggarakan, seperti jalan sehat dan puncak peringatan dengan pengajian akbar di Masjid Agung Karanganyar, Minggu (25/03) pagi.

Ketua IPHI Karanganyar, Abdul Muid, mengatakan berbagai macam kegiatan diselenggarakan oleh IPHI Karanganyar seperti  ada lomba pidato, ada lomba masakan, kegiatan tasyakur yang serentak dilaksanakan pada malam hari ulang tahun yang ke-28, malam tanggal 22, juga ada rangkaian yang lain kita mengumpulkan dana sebesar Rp 28.000, kemudian juga jimpitan tapi tidak jimpitan kecil, tapi satu kilogram beras untuk seluruh jamaah haji Kabupaten Karanganyar semuanya itu sudah terlaksana dengan baik.

“Hari lahir ini sudah berjalan sudah berapa tahun dan rangkaiannya juga berbeda-beda, ada gerak jalan ada pengajian, dan juga ada rangkaian-rangkaian yang lain. Pada pagi hari ini ini,  mempunyai semboyan Haji Mabrur Sepanjang Hayat,” katanya.

Di samping itu kalau itu dulu IPHI itu hanya bertugas membina, namun sekarang juga berusaha itu membantu calon jamaah haji maka diselenggarakan pengajian manasik haji tingkat cabang maupun di tingkat daerah.

“Hal itu untuk memberi bantuan kemudahan kepada calon jamaah haji,” katanya.

Ditempat yang sama,  sambutan Pengurus IPHI Provinsi Jawa Tengah,  Syahroni mengatakan Kabupaten Karanganyar pasti sudah sangat dikenal karena juga sudah banyak kegiatan yang dilakukan apalagi saat melihat semua Kecamatan sudah ada IPHI cabang.

“Itu luar biasa sekali termasuk pengurus cabang diharapkan memberikan kontribusi sehingga mengembangkan program.

Di antara program prioritas ini harus ada yang di jalani dengan serius yang pertama adalah masalah pendidikan, dia berkeyakinan pendidikan sangat sudah dilaksanakan dengan mendirikan Majelis Taklim, pondok pesantren, sekolah Pendidikan Anak Usia Dini dan sebagainya.

Hal lain,  tentang bidang ekonomi. Pengurus IPHI Jawa Tengah itu juga senang dengan produk air mineral yang itu memang merupakan produk dari IPHI Karanganyar. Kemudian  koperasi juga disebutkan mudah-mudahan ini juga semakin berkembang di daerah-daerah lain

Di acara tersebut, tampak hadir Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi, mengatakan sanitasi di Kabupaten Karanganyar mempunyai program Stop Buang Air Besar Sembarangan yang ternyata disambut baik oleh berbagai pihak.

“Pada hari ini saya menugaskan Baznas, bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Karanganyar untuk memprogramkan sedot tinja di masjid dan mushola gratis. Nanti anggaran disediakan oleh Baznas, demi masyarakat Karanganyar sehat” kata Samsi.(pd/im/kr)