Lounching Kredit Senyum Dan Mobil Keliling

Direktur Bank Daerah Sudarsito memberikan sambutan dan HUT BPR Bank Daerah ke 49 di Alun-alun Karanganyar

 

KARANGANYAR – 18 Maret 2018

Wirausahawan bisa tersenyum lega. Pasalnya Bank Daerah menlounching Kredit Senyum untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan bunga 0,6 persen. Meski dibatasi jumlah nomimal, namun bank milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yakin akan dapat membantu para usahawan yang akan mengembangkan usahanya.

“Selain kredit senyum, kami juga akan menlounching mobil keliling. Mobil itu sabagai sarana layanan dan edukasi,” papar Direktur Utama PD BPR Bank Daerah Karanganyar Sudarsito SE, MM saat memberikan sambutan HUT Bank Daerah ke 49 di Alun-Alun Karanganyar.

Pengundian Tabungan Sembada Plus oleh Sekretaris Daerah, Drs Samsi

HUT Bank Daerah berlangsung meriah dan dihadiri ribuan masyarakat bumi Intanpari. Sebab puncak acara diisi dengan pengundian tabungan sembada plus, senam massal dan sepeda santai.  Sebelumnya, Bank Daerah juga telah menggelar lomba senam aerobik, lomba volly,  mengadakan ziarah ke makam Pelopor Bank Daerah Karanganyar, donor darah, malam tirakatan serta pemberian bantuan kepada 7 yayasan panti asuhan. Selain itu juga memberikan penghargaan kepada kayawan PD BPR Bank Daerah Karanganyar yang telah mengabdi selama 25 tahun. “Bank daerah Karanganyar semakin mengkokohkan diri menjadi perusahaan daerah yang kuat dan memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan di Kabupaten Karanganyar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Daerah juga akan segera berubah dari perusahaan milik daerah menjadi PT. Saat ini direksi Bank Daerah sedang melakukan pembahasan intensif di DPRD Karanganyar. Jika nanti telah berubah menjadi PT maka investor dari luar bisa masuk menanamkan modalnya dengan izin pemilik terbesar saham. “Saat ini saham Bank Daerah 99 persen Pemkab dan 1 persen milik koperasi karyawan bank daerah. Harga satu saham Rp 250 ribu,” tambah Sudarsito.

Pelepasan Merpati Bersama jajaran eksekutif, legislatif dan PD PBR Bank Daerah

Lebih jauh, Sudarsito mengatakan Bank daerah Karanganyar masih dapat mempertahankan sebagai BPR terbaik tingkat nasional ke 7 kalinya untuk kategori aset 250 miliar sampai 500 miliar. Sedangkan total aset per 31 desember 2017 sejumlah Rp 336.897.034.232 mengalami kenaikan sebesar 13,57 persen. Untuk setor laba ke Pemkab pada tahun 2017 sebesar Rp 4.126.804.000.

Sementara Sekda Kabupaten Karanganyar, Samsi berharap Bank Daerah terus maju dan berkembang pesat di bumi intanpari. Selain tambahan modal, Pemkab akan juga menghibahkan tanah di belakang kantor Bank Daerah. “Untuk menghibahkan tanah, kami akan berembug dulu dengan DPRD Karanganyar. Saya yakin dengan hibah tanah tersebut, kinerja bank daerah akan semakin baik,” imbuhnya. (hr/Karin/Imas)