FESTIVAL DRUM BAND TAMAN KANAK-KANAK SE-EKS KARISIDENAN SURAKARTA DI HELAT DI KARANGANYAR

Diskominfo
Sekda Karanganyar memberikan sambutan sekaligus membuka acara Festival Drum Band Taman Kanak-Kanak Se-Eks Karisidenan Surakarta di GOR RM SAID karanganyar pada Minggu, ( 18/03 )

Karanganyar, 18 Maret 2018

SDN 01 Karanganyar menggandeng wali murid yang tergabung dalam Paguyuban Drum Band Gita Mutiara dan Asosiasi Pelatih Marching Band Surakarta (APMBS) menyelanggarakan Festival Drum Band Taman Kanak-Kanak Se-Eks Karisidenan Surakarta yang di gelar di GOR RM SAID karanganyar pada Minggu, (18/03).

Kejuaraan yang di ikuti 35 unit satuan Drum Band TK Se Karisidenan Surakarta ini di bagi menjadi 2 Divisi, yaitu Divisi Pra mandiri dan Divisi Mandiri. Dari dua Divisi itu masih di bagi kembali menjadi beberapa klasemen, pada Divisi Pra mandiri di bagi menjadi 4 klasemen yaitu klasemen Pra Mandiri Pemula, Pra Mandiri Dasar, Pra Mandiri Lanjutan dan Pra Mandiri Utama. Sedangkan untuk Divisi Mandiri sendiri dibagi menjadi 2 klasemen yaitu Mandiri Lanjutan dan Mandiri Utama.

Menurut Sri Istiyono selaku ketua panitia, pada gelaran Festival kali ini 20 unit satuan Drum Band TK dari Kabupaten Karanganyar, dari Kota Surakarta 7 unit satuan Drum Band TK, dari Kabupaten Sragen 4 unit satuan Drum Band, dari Kabupaten Sukoharjo 2 unit satuan drum Band, dan dari Kabupaten Boyolali 2 unit satuan drum Band yang ikut andil dalam kejuaraan kali ini dengan total peserta 35 unit satuan drum Band TK.

Festival yang memperebutkan Piala Bupati Karanganyar untuk divisi Mandiri Utama, dan Piala Kapolres Karanganyar untuk Divisi Pra Mandiri Utama ini akan di nilai oleh juri dari Asosiasi Pelatih Marching Band Surakarta (APMBS) yang sudah sangat berpengalaman dalam dunia Drum Band / Marching Band.  4 orang juri yang di tunjuk antara lain Bp.Mustamir Azis Santosa, Bp. Didik Pramono, Bp. Jamal Fathoni dan Bp. Afie Suarsa yang nantinya masing-masing juri akan menilai caption yang berbeda. Dan beliau Sri Istiyono, ketua panitia juga banyak mengucapkan banyak terimakasih kepada semua sponsor yang ikut andil dalam mensuport jalannya acara, terlebih untuk Bank BJB yang berani jor-joran dalam mensponsori kegiatan Festival Drum Band Taman Kanak-Kanak kali ini,  jelas Sri Istiyono di akhir pidato sambutanya.

Hadir pula untuk  membuka acara adalah Sekda Kabupaten Karanganyar, Drs.Samsi yang kali ini mewakili PJS Bupati Karanganyar yang tidak bisa hadir.  Dalam pidato sambutanya Sekda Karanganyar, Samsi menyampaikan ucapan terimakasih dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar atas terselenggaranya acara Festival Drum Band Kanak-Kanak Se Solo Raya yang di adakan di Karanganyar. Dan beliau Sekda Karanganyar juga berpesan kepada seluruh panitia untuk ikut menjaga keamanan dan kebersihan GOR yang di gunakan, dan beliau juga berpesan kepada para juri untuk bisa Fair Play, independent, dan juga betul-betul menilai dengan baik agar nantinya yang keluar sebagai juara dalah satuan unit Drum Band TK yang terbaik.

Ada beberapa manfaat yang bakal di peroleh anak dengan adanya kegiatan perlombaan seperti ini, yang pertama untuk mencetak kemandirian anak,  kedua untuk mebentuk jiwa sosialisai dan mental anak,  ketiga untuk menumbuhkan saraf motorik jiwa seni musiknya anak dengan memukul alat, dan yang keempat untuk membentuk fisik karena ada beberapa anak yang fisiknya lemah itu bisa di didik melalui kegiatan Drum Band terutamanya di ukur dengan adanya event-event Festival atau perlombaan Drum Band seperti ini,  jelas Jamal Fathoni salah satu perwakilan dewan juri yang kami wawancari di akhir acara.

Keluar sebagai Juara Umum Divisi Pra Mandiri adalah TK Al Azhar Al Muttaqin Karanganyar dan Juara Umum Divisi Mandiri adalah TK Kemala BHayangkari 56 Surakarta.

Demikian Diskominfo ( Ard / Adt)