Grand Design Perlu Dibuat Dan Dioptimalkan

Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo memberikan tanggapan terhadap pemandangan fraksi tentang laporan keterangan pertanggungjawaban bupati tahun anggaran 2017

KARANGANYAR – 16 Maret 2018

Untuk lebih mengoptimalkan kartu tani perlu membuat grand design pertanian di Karanganyar. Grand design yang dimaksud pendataan pertanian melalui jaringan komputer. Jika masyarakat atau dewan akan mengecek petani A misalnya, maka akan dengan cepat diketahui saat ini dia menanam apa dan luas lahanya berapa. Sehingga dengan cepat bisa diketahui.

“Harapan kita ke depan perlu grand desain agar bisa diketahui dengan cepat dan tepat. Kabupaten Karanganyar merupakan gudangnya pertanian. Prinsipnya pemerintah hadir untuk mempermudah,” papar Pjs Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi Rahardjo dalam penyampaian tanggapan bupati Karanganyar terhadap Pemandangan Umum Fraksi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Karanganyar tahun Anggaran 2017 Kamis (22/03).

Dia menambahkan dalam inventaris data disebutkan petani X di kelompok x sedang menanam apa, akan diketahui dengan baik. Termasuk kebutuhan pupuk dan luas lahan sudah tertera jelas dalam grand desain tersebut. Yang jelas, tambah Anggoro Kartu Tani itu diberikan untuk mempermudah proses pelayanan dalam memperoleh pupuk dan permodalaan. “Tentu saja, implementasi di lapangan akan banyak persoalaan. Saya akui itu pasti ada, karena hal itu barang baru. Dahulu saat gojek dan go food awal hadir juga banyak orang pesimis tapi ke depan malah juga bisa mengerti,” tambahnya.

Bagaimana dengan petani yang tidak tergabung dalam kelompok tani, Anggoro berjanji akan membantu sepanjang bisa menujukkan identitas orang Karanganyar. Menurut Anggoro hal utama keberhasilan kartu tani adalah sosialisasi. Sebab permasalahan muncul umumnya karena ketidaktahuaan sehingga perlu digenjarkan dengan sosialisasi.  “Di sisi lain saya juga sudah membuat form surat aduan. Jika tidak puas, silahkan ngebel di nomor aduan saya tetap akan tanggapi,” imbuhnya. (hr/ft/Ind)