PPID Pembantu se-Karanganyar Ikuti Bimtek PPID Karanganyar

Karanganyar, Selasa 13 Maret 2018

Kurang lebih 92 peserta bimbingan teknis (Bimtek) PPID Karanganyar yang terdiri dari PPID Pembantu dan Admin PDF  masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 17 Kecamatan se Kabupaten Karanganyar mengikuti Bimtek Pembenahan dan Peningkatan Tata Kelola Informasi Publik PPID  yang diselenggarakan  Hotel Taman Sari Karanganyar, Selasa(13/03).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (13-14 Maret 2018) dihadiri sekaligus membuka bimtek , Pjs Bupati Karanganyar yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Karanganyar, Larmanto, menyampaikan peranan Pejabat Pengelolaan dan Dokumentasi (PPID) sangat penting dalam menginformasikan kebijakan program dan kegiatan serta hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat.

“Masyarakat semakin canggih, paham, dan pintar menyikapi pelaksanaan pembangunan dan secara keseluruhan menghendaki data pemerintah untuk dipublikasikan”, ujarnya

Lebih lanjut ia mengatakan PPID dituntut lebih arif, bijaksana, berpikiran komprehensif dalam pengelolaan penyampaian informasi.

Selanjutnya, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah selaku narasumber, F. X Handoko, menjelaskan tugas PPID utama dalam Pasal 12 antara lain menyusun dan melaksanakan kebijakan informasi dan dokumentasi, menyusun laporan pelaksanaan kebijakan informasi dan dokumentasi, menggordinasikan dan mengonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu. Memberi pelayanan informasi dan dokumentasi kepada public, melakukan verifikasi bahan informasi dan dokumentasi publik, melakukan pemuthakiran informasi dan dokumentasi, menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat, menugaskan PPID pembantu untuk mengumpulkan, mengelola, memelihara informasi dan dokumentasi, membentuk tim fasilitasi penanganansengketa informasi yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Daerah.

Sedangkan Kewenangan PPID utama dalam pasal 13 antara lain menolak memberikan informasi dan dokumentasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, meminta informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu yang menjadi cakupan kerjanya, mengoordinasikan pemberian pelayanan informasi dan dokumentasi dengan PPID  Pembantu, menentukan suatu informasi dan dokumentasi yang dapat diakses oleh public, menugaskan PPID Pembantu untuk membuat, mengumpulkan serta memelihara dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

Pada kesempatan tersebut disampaikan laporan kegiatan oleh Sekretaris Dinas Kominfo Karanganyar, Agung Cahyo Purnomo, maksud dan tujuan kegiatan bimtek ini memberikan wawasan dan pemahaman mengenai pelaksanaan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), memberikan kesadaran kepada PPID Pembantu tentang keterbukaan informasi publik disampaikan kepada masyarakat termasuk media secara mudah diakses berkenaan dengan kebijakan program dan pelayanan pemerintah sehingga mampu menghasilkan citra positif.

“Bimtek menjadi awal yang lebih baik berguna bagi pembenahan dokumentasi dan informasi diantaranya pemutakhiran konten website OPD serta aktivasi pelayanan masyarakat,” harapnya.

Demikian Diskominfo (ind/karina)