Kartu Tani Mudahkan Dapatkan Pupuk Subsidi

Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo, memberikan mesin EDC secara simbolis kepada pengecer pupuk subsidi untuk kartu tani

Karanganyar, Selasa (13/03/2018)

Petani Kabupaten Karanganyar yang mengunakan kartu tani mendapatkan pupuk subsidi dengan mudah,  dan merupakan sebagai alat bantu penyaluran kepada petani.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Kabupaten Karanganyar, Supramnaryo, mengatakan jumlah kelompok tani di Karanganyar sebanyak 1.167 kelompok, dan jumlah petani ada 62 ribu orang yang telah terdaftar.

“Alokasi pupuk subsidi di Kabupaten Karanganyar tahun 2018 adalah Urea 20 ribu ton, SP36 sebanyak 5.285 ton, ZA sebanyak 7.700 ton, NPK ada 17.500 ton, petroganik ada 8500 ton,” kata Supramnaryo.

Hal tersebut dikatakan oleh Supramnaryo saat acara Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Kartu Tani di Kabupaten Karanganyar tahun 2018, Selasa (13/03) pagi, di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR).

Lebih lanjut, dia mengharapkan dengan adanya Kartu Tani itu penyaluran diharapkan mencapai enam tepat, yakni tepat mutu, tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat dan tepat waktu.

Penyaluran dengan kartu tani ini, di Kabupaten Karanganyar terdapat 183 pengecer pupuk subsidi, dan disediakan alat  Electronic Data Capture (EDC) untuk mengetahui jumlah alokasi pupuk yang dimiliki petani.

“Jadi petani membeli pupuk subsidi dengan Kartu Tani, tinggal gesek di mesin EDC. Jumlah alokasi terlihat,” katanya.

Ditempat yang sama, tim gubernur Percepatan Pembangunan Jawa Tengah, Sunaryo merupakan perubahan alokasi pupuk terbuka menjadi tertutup. Dengan demikian ada masa transisi cara baru.

“Hari ini bisa menginventarisir permasalahan yang dihadapi apa saja, petani, kelompok tani, distrubusi pupuk, alokasi pupuk,” katanya.

Sementara itu Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo, mengatakan apabila ada petani yang belum ikut gapoktan, maka segera bisa ikut anggota agar memudahkan mendapatkan pupuk subsidi dari Kartu Tani.

“Apabila ada kesulitan tentang kartu tani ada nomor aduan. Jumlah alokasi pupuk juga mencukupi. Saya yakin di Kabupaten Karanganyar tidak ada kendala,” kata Pjs Bupati Karanganyar.

Pjs Bupati juga meyakinkan bahwa Pemerintah hadir untuk menampung keluhan dari petani, untuk di selesaikan bersama . “Kita hadir ditengah-tengah. Jika ada yang belum ikut anggota apa kendala penyebabnya,” pungkasnya

Disela-sela acara diberikan secara simbolis mesin EDC kepada pengecer pupuk  bersubsidi.(pd)