Talud Ambrol Tak Kuat Tahan Luapan Air Sungai

Talud dan badan jalan di Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu ambrol karena tak kuat menahan luapan air sungai.

Karanganyar, Senin (12/03/2018)

Hujan deras yang menguyur Kabupaten Karanganyar sejak Minggu (11/03) malam menyebabkan talud ambrol disertai longsor badan jalan di Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.  Akses jalan tersebut menghubungkan ke Desa Alastuwo. Namun masih ada jalan alternatif lainnya bisa dilalui.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Jatmiko, mengatakan peristiwa talud dan badan jalan ambrol terjadi sekitar pukul 01.30 WIB, Senin (12/03) pagi.

“Hujan deras menyebabkan luapan sungai Kedung Dermo hingga meluap ke jalan, sehingga talud beserta jalan longsor sepanjang 10 meter,” kata Bambang Jatmiko saat dijumpai dilokasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Karanganyar, Edi Sriyatno, mengatakan setelah kejadian tersebut, pihaknya membuatan tahapan perbaikan keadaan darurat, yakni tahap pertama menyedot luapan air sungai dengan pompa.

“Kami segera membuat jalan darurat yang bisa dilalui kendaraan roda dua. Kemungkinan bisa selesai dalam 7 hari ini. Itu tahap kedua yang akan dilakukan,” kata Edi Sriyatno.

Kemudian talud dan jalan longsor tersebut akan dibongkar dan diperbaiki lebih kuat dan akan ditambah gorong-gorong agar tidak terulang lagi di kemudian hari, karena penyebab luapan air dari sumbatan sampah yang menumpuk.

“Dana perbaikan berasal dari APBD Kabupaten Karanganyar tahun 2018. Mendahului APBD Perubahan” katanya.(pd)