Baznas Malang Kunjungi Karanganyar

 

Karanganyar, Kamis 8 Maret 2018

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Malang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Baznas Kabupaten Karanganyar. Kunker tersebut diterima langsung Sekretaris Daerah Karanganyar di ruang Anthurium Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (08/03) pagi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Baznas Kabupaten Malang yang membawa berkah tersendiri bagi bumi intanpari dan berharap dengan kegiatan kunker ini dapat berdiskusi bersama  dalam membesarkan Baznas.

Dijelaskan Samsi, akhir tahun 2017 Baznas mengumpulkan dana ZIS tertinggi se-Jawa Tengah. Baznas Karanganyar memiliki beberapa program seperti Karanganyar Peduli, Karanganyar Sehat, Karanganyar Cerdas, Karanganyar Makmur, Karanganyar Takwa.

“Kinerja Baznas sinkron dengan kinerja Bupati Karanganyar. Pemerintah telah mengelola APBD Rp 2,1 triliun dan PAD sejumlah Rp 317 juta,”tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Kabupaten Karanganyar mempunyai layanan yang bekerjasama dengan Baznas seperti bantuan sumur bor untuk warga yang kesulitan air di 200 titik, memiliki poliklinik khusus setiap hari dan pelayanan khusus yakni dua unit mobil ambulan.

Baznas juga bekerjasama dengan kabupaten karanganyar yang rencananya menjadi program nasional seperti mengelola sanitasi, ada 1000 titik sedot tinja bantuan dari Baznas yang berbasis komunal, integral dan berkelanjutan.

“ Kabupaten Karanagnyar merupakan satu-satunya Kabupaten yang sudah seratus persen Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS),”jelasnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Kesra Kabupaten Malang  Abdurrahman Firdaus selaku Pimpinan rombongan, menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan di Karanganyar untuk memajukan Baznas Malang.

“Semoga pertemuan ini dapat mempererat persahabatan antar Kabupaten,”harapannya.

Selanjutnya paparan dari Ketua Baznas Karanganyar, Sugiarso, menyampaikan bahwa setiap 6 bulan sekali dan tahunan, Baznas Karanganyar menyusun laporan kepada Bupati dan Baznas Provinsi. Dalam pelaksanaan pengumpulan ZIS dilingkungan ASN telah berjalan dengan lancar, selanjutnya dilakukan pengumpulan ZIS selanjutnya disetor ke rekening Baznas.

“untuk kendala relatif tidak ada karena sudah dilaksanakan sosialisasi yang dilakukan oleh Tim Amil Baznas,” jelasnya.

Demikian Diskominfo (ind/imas/karina)