Kesehatan Anak Prioritas Utama

 

 

 

 

 

 

 

KARANGANYAR, Rabu 7 Maret 2018

Generasi yang hebat akan terlahir dari anak-anak yang sehat. Kesehatan menjadi modal penting untuk mencegah penyakit dan membentuk generasi yang kuat. Hal itu mengemuka dalam Rapat kerja (Rakor) penjaringan kesehatan anak sekolah kelas 1 SD hingga kelas 7 SMP di ruang Podang 1 Kantor Bupati Karanganyar, Rabu (7/03)

“Latar belakang dilakukan penjaringan untuk memantau kesehatan anak SD dan SMP di kabupaten Karanganyar. Penjaringan atau pendataan merupakan standar pelayanan minimal bidang kesehatan,” papar Kasi Pencegahan Penyakit DKK, Sri Winarno

Dia menambahkan beberapa point penting dalam pendataan yang dilakukan di sekolah tersebut. Pertama, pendataan untuk mengetahui kesehatan pada anak usia sekolah. Kedua, hasil pendataan itu dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan program pembinaan peserta didik. Ketiga teridentifikasinya hambatan pelaksanaan penjaringan kesehatan pada anak. “Sekaligus mengatasi hambatan selama penjaringan,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Purwanti mengatakan penjaringan ini dilakukan di seluruh sekolah di kabupaten Karanganyar. Pada pendataan yang dilakukan di tahun 2017 ada sekolah yang belum dilakukan pendataan. Sekolah yang belum tersebut, akan dilakukan pendataan di tahun 2018 ini. Dia mencermati masih banyak ditemukan prilaku anak sekolah yang beresiko atau mempunyai kebiasaan seperti merokok atau minum alkohol. “Saya berharap rakor ini menghasilkan solusi yang terbaik untuk kesehatan anak,” imbuhnya.

Adapun peserta acara dari Kesra Sekda, Baperlitbang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Camat se-Karanganyar, Puskesmas. Terselenggaranya acara ini berdasarkan DPA Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar. Kemudian acara ini dilanjutkan dengan diskusi bersama dan tanya jawab.  (Imas/Karina)