Rancang Desa Halal di Karanganyar

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Ketua Yayasan Batik, Solikul Ahmad Bakrie mengadakan MOU.

KARANGANYAR – 06 Februari 2018

Pemerintah Kabupaten Karanganyar tertarik dengan Halal Center Pendidikan Batik di Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta. Pemkab Karanganyar berencana mengkongkretkan Desa halal tersebut di bumi intanpari.

“Jika memang sudah halal center di UNIBA, saya malah tertarik untuk membuat demplot desa halal. Kongkretnya masih terus didiskusikan, namun pemikiran saya desa tersebut nanti semua halal untuk menjaga keberkahan. Membantu meyakinkan semua pihak bahwa semunya halal,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai mou dengan UNIBA di ruang anthurium Rumah Dinas Selasa (06/02)

Dia menambahkan kerjasama hal yang sudah dilakukan dengan perguruan-perguruan tinggi di sekitar Pemkab Karanganyar. Kerjasama itu meliputi penelitian dan pendampingan desa. Bahkan, penelitian-penelitian  yang sudah dilakukan beberapa perguruan tinggi diminta Pemkab Karanganyar. “Hasil kajian dan penelitian tersebut bisa ditindaklanjuti untuk diterapkan di masing-masing OPD. Mereka juga perlu payung hukum untuk bisa KKN0,” tambahnya.

Menurutnya dengan hadirnya banyak mahasiswa KKN di Karanganyar mendorong masyarakat dan memotivasi untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. Tentu semua lapisan masyarakat bisa menyekolahkan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Ngargoyoso ada SMK negeri Ngargoyoso. SMK Ngargoyoso yang ada jurusan perhotelan juga ada program yang membantu siswanya. Mereka diminta magang dan hasil magangnya tersebut dapat honor. Jika kegiatan ini sudah dilakukan, maka para siswa sudah memiliki jiwa untuk berwirausaha.

Lebih jauh, Juliyatmono mengatakan atas nama pemerintah, pihaknya mengucapkan terima kasih. Orang nomor satu di Karanganyar tersebut  menambahkan dulu Yayasan batik sangat  disegani karena pengabdian untuk pendidikan. Kontribusinya sangat luar biasa. Bahkan, banyak pegawai di karanganyar  sekolah di Uniba.

Sementara Ketua Yayasan Perguruan Tinggi UNIBA, Solikul Ahmad Bakrie mengucapkan terima kasih kepada jajaran pemkab. Sebab telah membantu dan  memberikan bantuan kepada UNIBA. Pihaknya juga meminta doa restu tanggal 16 Februari nanti louncing halal center pendidikan batik. “Yakni jurusan peternakan dan agrotek. Hal-hal yang telah dirintis semoga menjadi manfaat kedua belah pihak yakni UNIBA dan Pemkab Karanganyar,” ujar Solikul. (hr/ft)