Keharmonisan Berdua Bisa Diikuti Kader di ‘Akar Rumput’

Bupati Karanganyar Juliyatmono berharap pelaksanaan pilkada tahun 2018 berjalan aman, demokratis dan damai

KARANGANYAR – 02 Februari 2018

Keinginan penyelenggaraan Pilkada di Karanganyar secara damai, demokratis dan aman adalah harapan seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, keharmonisan bakal calon bupati Juliatmono dan Rohadi Widodo bisa diikuti kader di ‘akar rumput’. Perbedaan itu sesuatu yang biasa namun bingkanya tetap untuk kemajuan kabupaten Karanganyar.

“Saya yakin dua calon yang akan maju dalam Pilkada tahun 2018 ini mempunyai visi dan misi yang sama yakni memajukan Karanganyar. Saya meminta keharmonisan calon berdua ini bisa diikuti oleh kader-kader dibawah,” papar Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, SIK MSI saat Sosialisasi dan Doa Bersama dalam rangka menyukseskan pilkada tahun 2018 di gedung wanita Jumat (02/01).

Dia menambahkan kegiatan sosisaliasi merupakan awal tonggak sejarah di Kab Karanganyar. Sebab penyelenggaraan ini diawali dengan doa dan sholat hajad. Doa ini memunculkan semangat cinta kepada Allah dan memohon agar pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan aman, tertib dan sesuai yang diharapkan bersama.

Menurutnya, situasi politik hangat itu biasa namun jangan sampai yang hangat itu menjadi bara dan merugikan semua pihak. Fenomena politik yang tidak dewasa seperti di Jakarta jangan sampai terjadi di Karanganyar. “Saya berharap tokoh agama, alim ulama dan seluruh masyarakat untuk membantu terselenggaranya pilkada yang aman dan damai. Saya meminta masyarakat untuk tidak mudah terpancing dalam ujaran kebencian,” imbuhnya.

Lebih jauh, TNI dan polri tetap netral dalam pelaksanaan pilkada tahun 2018 ini. Pihaknya berharap Siapapun yang terpilih jadi bupati semuanya bisa mendukung.  Empat bulan sejak bergabung di Karanganyar, Kapolres melihat bahwa masyarakat bumi intanpari selalu ingin damai dan masyarakatnya mempunyai sopan santun dan tepo seliro yang tinggi. “Ini modal awal bagi masyarakat Karanganyar. Semoga Allah mengabulkan hajad kita bersama,” tambah Kapolres.

Sementara, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan melalui sholat hajad dan doa bersama ini Allah meridoi agar pelaksanaan pilkada berjalan aman dan damai. Atas nama Pemkab Karanganyar, pihaknya menghimbau semua pihak untuk mentaati ketentuan yang ada karena regulasi diketahui semua pihak. “Saya meminta semua ikut menjaga suasana sejuk dan damai. Siapapun yang dipercaya masyarakat mari disengkuyung dengan baik,” tambahnya.

Sementara Dandim Letkol Inf, Muhammad Ibrahim Muhktar yang diwakili Kasdim, Kolonel Inf Mantang berharap pelaksanaan kampanye sampai pengumuman pemenang berjalan tertib, lancar dan aman. TNI, menurutnya dalam pelaksanaan pilkada netral. “Kami juga akan mensuport pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dalam pelaksanaan pilkada,” imbuh Kolonel Inf Mantang. (Hr/Yg)