Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Butuh Payung Hukum

kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan materi dihadapan peserta dialog bersama KPMD di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu Pagi (3/2)

Karanganyar – Hal tersebut dikatakan Bupati Karanganyar Juliyatmono saat menghadiri dialog bersama ratusan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu Pagi (3/2). Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Karanganyar dan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dispermadesdukcapil Propinsi Jawa Tengah yang sekaligus Kepala Satker P3MD.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya mengatakan dengan bergulirnya dana desa, desa menjadi penting dan strategis untuk diberdayakan, peran fungsi pengawasan dan pendampingan yang selama ini dijalankan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) dapat disinergikan dengan KPMD.

“Sinergitas yang terbangun dengan baik antara semua stakeholder maupun antara Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa akan mempercepat pembangunan desa”, ujar Juliyatmono

Ditambahkan lebih lanjut, Juliyatmono mengajak untuk selalu mengedepankan pikiran yang positif dan melakukan pendekatan secara halus kepada Pemerintah Desa. Orang nomor satu di Karanganyar ini berjanji akan membantu kader dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM sekaligus mensejahterakannya serta memberikan jaminan hukum dengan memberikan Surat Keputusan Bupati agar dalam menjalankan tugas pendampingannya diakui oleh Pemerintah Desa.

Sementara itu Samidi Ketua KPMD Karanganyar melaporkan kegiatan ini diikuti oleh 162 Desa yang ada di Kabupaten Karanganyar dan masing-masing desa diikuti oleh 2 kader dari 5 kader yang berada di masing-masing desa serta tenaga ahli dan pendamping 81 orang. Dialog ini diadakan bertujuan untuk mencari titik temu antara KPMD dengan Pemerintah. Dalam kegiatan ini, panitia mendatangkan tiga narsum yakni Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dan Satker P3MD Prop. Jawa Tengah Nadi Santosa.

Samidi menambahkan tugas KPMD  selama ini yaitu mendampingi desa dalam menggunakan dana desa, operasional yang timbul dalam pendampingan tersebut didanai dari bantuan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah senilai 5 juta pertahun untuk menunjang kegiatan operasional kelima kader PMD yang bertugas di masing-masing desa. Demikian Diskominfo (ad)