Sosialisasi Bankeu Untuk Sarana Prasarana Desa

kominfo
Salah satu narasumber paparkan materi dihadapan peserta Sosialisasi, Pendopo Rumah Dinas Bupati Kamis Siang (28/12)

KARANGANYAR –  Pemerintah Kabupaten Karanganyar adakan Sosialisasi Bantuan Keuangan bagi desa Tahun 2018 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis Siang (28/12). Hadir pada kesempatan itu Kepala Desa penerima bantuan serta tim monitoring dan evaluasi bantuan untuk pembangunan sarana dan prasarana desa.

Sosialisasi dilaksanakan guna memberikan pemahaman kepada desa terkait bantuan yang akan diterima serta ketentuan yang berkenaan dengan pengalokasian bantuan keuangan kepada Desa. Bankeu dapat digunakan oleh Pemerintah Desa untuk aset yang dikelola desa. Adapun peruntukkannya bisa digunakan untuk pembangunan rumah ibadah, perbaikan jalan perumahan dan jambanisasi.

Inspektur Daerah Sucahyo mewakili Bupati Karanganyar mengatakan untuk pelaporan pertanggung jawaban pelaksanaan bantuan keuangan desa meminta kepada Kepala Desa untuk tertib administrasi dan prosedural.

“Pertanggungjawaban harus riil, jangan dibuat-buat”, tegas Sucahyo

Ditambahkan lebih lanjut, Sucahyo mengatakan pengawasan terkait pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan Bankeu akan di lakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) langsung bukan Inspektorat.

Sementara itu, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Setda Karanganyar Siti Maisyaroch melaporkan untuk tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Karanganyar akan mengalokasikan bantuan keuangan lewat Bagian Administrasi Pembangunan Setda Karanganyar sebesar 51,7 milliar untuk 159 desa di 16 kecamatan, 3 desa di Ngargoyoso dan Jumapolo dipastikan tidak memperoleh bantuan tersebut. Bankeu tersebut tertuang dalam APBD Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2018. Demikian Diskominfo (kris/adt)