Pemkab Gelontorkan  7,7 Miliar untuk 128 Kelompok Ternak di Karanganyar

KOMINFO
Wakil Bupati Rohadi Widodo saat memberikan pengarahan di hadapan para penerima bantuan hibah ternak tahap 4 tahun 2017

 

 

Karanganyar, Jum’at 29 Desember 2017

Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Karanganyar menggelontorkan dana hibah senilai Rp7,7 miliar untuk 128 kelompok ternak di wilayah Karanganyar. Diharapkan dana bantuan ini dapat lebih mengembangkan kelompok ternak serta menghidupi ekonomi masyarakat, Jum’at (29/12) pagi.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo dalam sambutan pada kegiatan penyerahan dana hibah tahap 4 mengatakan bantuan yang telah diterima melalui rekening untuk segera dibelanjakan dengan benar sesuai dengan proposal yang diajukan.

“Uang yang diterima tidak ada potongan sedikitpun, utuh. Belanjakan untuk membeli sapi, itik, ikan, kambing untuk lebih mengembangkan kelompok ternak. Jangan untuk lainnya,”terangnya.

Ia menekankan untuk segera dibuat Surat Pertanggung Jawabannya (SPJ) agar administrasi tertib, barang yang dibelanjakan juga ada dan sesuai sehingga semua berjalan dengan lancar.

“Karena tertib administrasi kaitannya dengan BPK supaya tidak menimbulkan masalah yang beresiko hukum,”tegas Wabup.

Sementara itu laporan Kepala Disnakan Karanganyar, Sumijarto mengatakan total bantuan 7,7 miliar untuk 128 kelompok ternak di 16 kecamatan 41 desa di wilayah Karanganyar. Dengan perincian Tahap I untuk  25 kelompok ternak Rp1,9 miliar, Tahap II untuk 28 kelompok ternak Rp2,9 miliar, Tahap III untuk 24 kelompok ternak Rp1,2 miliar dan Tahap IV untuk 51 kelompok ternak Rp2,4 miliar.

“Jumlah kelompok ternak yang belum menerima ada 2 kelompok ternak dengan total senilai Rp70 juta karena secara administarsi kurang lengkap.”jelasnya.

Dikatakan total bantuan Rp7,7 miliar ini jumlahnya sama dengan jumlah ternak sapi sebanyak 513 ekor. Untuk sapi harga berkisar 15 juta rupiah/ekornya.

Demikian Diskominfo (adt/ind)