Pertama di Indonesia

 

TERBAIK : Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo memberikan piala Juara 1 dalam acara Perkemahaan 360 hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KARANGANYAR – Jumat, 29 Desember 2017

Penutupan perkemahaan 360 hari Kwartir Cabang Kabupaten Karanganyar tak henti-hentinya menjadi pujian dari Kwartir Daerah Jawa Tengah. Pasalnya kemah yang dilaksanakan selama itu baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Apalagi sarana dan prasarana di Bumi Perkemahan (buper) Cakra Pahlawasri  sudah sangat mendukung. Berada di areal 10 hektar sangat tepat menjadi ‘kawah candradimuka” para pramuka.

“Buper Cakra Pahlawasri adalah salah satu bumi perkemahaan terbaik di Jawa Tengah. Sehingga sangat tepat bila Buper ini dijadikan tempat menggembleng para penggalang,” papar Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo usai menutup perkemahaan 360 hari Kwartir Cabang di Delingan, Karanganyar, Jumat (29/12)

Dia menambahkan acara ini sangat tepat untuk membentuk karakter pada diri anak-anak yang ada dalam jiwa pramuka. Misalnya mandiri, berani, jujur dan bertanggungjawab. Kegiatan ini akan terus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang. “Perkemahan ini menjadi sarana tepat untuk pengembleng dan melatih anak. Kegiatan ini akan kami lanjutkan di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Perkemahaan 360 hari, Harjono mengatakan acara ini untuk pembinaan generasi muda yang penuh karakter. Ditengah arus gadget, dan pengaruh media sosial yang luar biasa, para pemuda untuk diajak menempa diri melalui kegiatan pramuka. Pemuda diharapkan mempunyai karakter yang cerdas, santun, trampil dan pantang menyerah. “Pelaksanaan kemah 360 hari telah diikuti 17.900 peserta dari 17 Kecamatan yang ada di Karanganyar. kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan diantaranya PBB, Halang rintang, pentas seni dll,” tambahnya.

Selain itu, Sekretaris Kwarda Jawa Tengah, Agung Suparyoko mengapreasi dan mendukung penuh pelaksanaan kemah 36 hari. Acara seperti ini, menurutnya baru pertama kali dilaksanakan. “Ini sejarah dan baru pertama kali di Indonesia. Bahkan di dunia. Saya mendukung dan berharap bisa dilaksanakan terus acara seperti ini,” tambahnya (hr/yg)