Bimtek Penyusunan LPT Tahun 2017

DISKOMINFO
Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar Samsi membuka Bimtek LPT di Podang I Setda Kabupaten Karanganyar, Selasa (12/12).

Karanganyar – Selasa 12 Desember 2017

Pemerintah Kabupaten Karanganyar adakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Pelaksanaan Tugas (LPT) di ruang Podang I Setda Kabupaten Karanganyar, pada selasa (12/12). Kabag Pemerintahan, Ali Ghufron dalam laporannya menjelaskan LPT adalah kewajiban rutin setiap tahun, yaitu bagian dari sumber data dan informasi yang akan digunakan untuk menyusun  Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan Pemegang Kekuasaan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (PKPPD).

“Bimbingan teknik ini diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan kemapuan dalam menyusun LPT dan kewajiban bagi perangkat daerah untuk menyelesaikan LPT paling lambat tanggal 10 Januari 2017” jelasnya.

Dalam sambutan Bupati Karanganyar yang diwakili oleh Sekda Karanganyar Samsi, memberikan penjelasan bahwa dengan tuntutan kemajuan zaman, maka Pemerintah Kabupatan Karanganyar juga dituntut agar dapat mewujudkan tata pimpinan yang bersih, bertanggungjawab, serta mampu menjawab tuntutan dan perubahan secara efektif, efisien, dan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik.

Disamping itu guna memenuhi amanat aturan Pemerintah No.3 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemerintah daerah diwajibkan untuk menyampaikan hasil pelaksanaan pembangunan sebagai hasil kinerja kepada masyarakat.

“Untuk itu hakikat dari laporan itu adalah progres report atas penyelenggaraan Pemerintah selama satu tahun di tahun 2017 ini” jelas Samsi.

Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.120 tahun 2017 tentang Penetapan Peringkat dan Status Kinerja Perangkat Pemerintah Daerah Secara Nasional, Kabupaten Karanganyar mendapat peringkat ke 2 dengan status sangat tinggi.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo menyampaikan pesannya melalui Teleconference. Rohadi Widodo mengajak kepada seluruh peserta Bimtek untuk bersama-sama membangun kinerja yang baik di masing-masing OPD sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rohadi Widodo berharap pada seluruh rekan-rekan yang hadir di Bimtek ini, walaupun saya tidak bersama  dengan anda di satu ruangan, tetapi kita sama dalam satu hati sama dalam satu pikiran dan fokus dalam mengerjakan fungsi kita semuanya. Ketika kita bersama-sama dan kita fokus mengerjakan tugas kita masing-masing Insya Alloh akan bisa kita selesaikan dan yakin Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2017 akan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Demikian Diskominfo (ftr/ppt)