DEWAN PENDIDIKAN KABUPATEN DEMAK STUDY BANDING KE KARANGANYAR

Bupati karanganyar, Juliyatmono saat menyampaikan sambutannya dalam acara Study Banding Dewan Pendidikan Kabupaten Demak di Rumah Dinas Bupati.

Karanganyar – 4 Desember 2017

Dewan Pendidikan Kabupaten Karanganyar, Senin Siang (4/11/2017) menerima Study Banding dari Dewan Pendidikan Kabupaten Demak di Ruang Anthurium, Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Kepala Dewan Pendidikan Kabupaten Karanganyar beserta rombongan dan Dewan Pendidikan Kabupaten Karanganyar.

Kepala Dewan Pendidikan Kabupaten Demak, Drs. Tjuk menyampaikan tujuan dan maksud dari Study Banding ini adalah menimba ilmu berkaitan dengan pendidikan di Kabupaten Karanganyar.

Dalam sambutannya, Juliyatmono mengatakan bahwa salah satu visinya adalah menginginkan agar semua anak di Karanganyar mendapatkan pendidikan gratis dari SD sampai SMA. Oleh karena itu perlu adanya pemerataan pendidikan di seluruh Karanganyar, pada tahun kedua Juliyatmono berhasil membangun dua SMK yaitu di Ngargoyoso dan Matesih.

Pembangunan SMK tersebut mendapatkan partisipasi tinggi dari anak-anak sekitar, hal ini  berakibat pada beban masyarakat semakin berkurang dan pertumbuhan ekonomi semakin tinggi.

“ Dulu sekolah saya jelek, dindingnya hanya terbuat dari gedek,  tapi diimbangi dengan kualitas guru yang baik.” Ujarnya.

Dalam kaitannya dengan pendidikan, Juliyatmono tidak mengedepankan tentang kualitas bangunan atau AC yang dingin, tanpa ada guru yang berkualitas semua fasilitas tersebut  tidak ada gunanya.

“Guru yang paling menentukan kualitas anak didik, guru harus menjadi idola bagi muridnya, jangan menyakiti anak-anak karena anak adalah aset yang berharga bagi penerus bangsa,” Katanya.

Juliyatmono berharap Dewan Pendidikan memarahi dan memberikan sanksi apabila ada guru atau kepala sekolah yang menyeleweng, dan duduk bersama untuk mendesain pendidikan di Karanganyar agar semakin berkualitas.

Demikian KOMINFO (mdz/ppt)