Cek Kesehatan Bagi Masyarakat Terdampak Sampah

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat menemui masyarakat terdampak sampah di Desa Sulurejo, Kecamatan Gondangrejo.

Karanganyar, Jumat (01/12/2017)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Desa Sulurejo, Kecamatan Gondangrejo  yang terdampak sampah berdekatan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di sekitar mereka tinggal, Kamis (30/11) pagi, di salah satu rumah warga.

“Pemeriksaan gratis ini untuk 200 orang, dari dua dusun. Tak hanya itu saja, bagi yang mempunyai Kartu Karanganyar Sehat, jika periksa di puskesmas bisa gratis,” kata Camat Gondangrejo, Junaidi Purwanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karanganyar, Edi Yusworo, mengatakan sebagai kegiatan ini sebagai rangkaian Hari Jadi ke 100 Kabupaten Karanganyar.

“Ada bhakti sosial disini, juga donor darah di Kecamatan Jumantono, pemeriksaan bagi petugas sampah, dan tebar ikan di Waduk Kricikan,” kata Edi Yusworo.

Setelah dilakukan pemeriksaan ini, lanjut Edi, secara klinis ada rekomendasi yang akan disampaikan kepada Bupati Karanganyar untuk ditindak lanjuti lebih lanjut.

“Jika ditemukan masih sehat tetap dipertahankan kesehatan, jika ditemukan mengidap penyakit akan di rujuk di layanan kesehatan yang lebih tinggi,” katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan volume sampah di sini banyak sekali, maka Dinas Kesehatan melalui Puskesmas setempat rutin untuk cek kesehatan, penyakit apa saja yang diderita masyarakat terdampak.

“Misalnya saja, Bapak atau Ibu merasakan sesak nafas, pusing, mual bisa segera periksa kesehatan. Bisa di Puskesmas atau petugas kesehatan desa,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga menjelaskan di sekitar sini juga banyak kandungan ekoli yang menyebabkan kurang sehat. Namun, Bupati berjanji sebentar lagi akan dibuat sumur artesis yang dalam agar terhindar dari bakteri ekoli.

“Minimal disini ada dua sumur dalam, yang menghasilkan air bersih, mengalir lancar,” katanya.(pd)