PENGUKUHAN KADER SIAGA TRANTIB (KST) KABUPATEN KARANGANYAR

Karanganyar – 30 November 2017.

Pengukuhan Kader Siaga Trantib (KST) dilaksanakan pada hari Kamis (30/11/17) pagi yang bertempat di Lapangan GOR RM Said, Karanganyar.

Dalam pengukuhan tersebut hadir Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Forkompinda, Kepala OPD, Kepala Desa, Satpol PP, Anggota Kader Siaga Trantib (KST) beserta para tamu undangan.

Anggota Kader Siaga Trantib (KST) yang dikukuhkan terdiri dari 1044 Anggota yang berasal dari 116 Desa atau Kelurahan dengan 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar dengan tujuan membantu menyelesaikan masalah ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta memberi informasi kepada masyarakat jika terjadi pelanggaran peraturan daerah dengan cepat dan tepat secara berjenjang.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan bahwa setelah Pengukuhan ini para anggota Kader Siaga Trantib (KST) harus ikut melaksanakan tugasnya dalam membantu pemerintahan dan menjaga ketertiban di lingkungan masyarakat.

“Peran serta Kader Siaga Transit (KST) dapat membantu dan bekerja sama dengan pihak Satpol PP, Polri, maupun TNI dalam menjaga ketentraman di lingkungan masyarakat dan untuk menjadi anggota Kader Siaga Trantib (KST) tidak sembarang orang dan hanya orang terpilih saja”, kata Bupati Karanganyar.

Pengukuhan ini  didasari oleh UUD No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, PP No. 6 Tahun 2010 tentang Satpol PP, Perda No. 16 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karanganyar, Kesepakatan bersama Gubernur dan Kapolda Jateng No. 31 Tahun 2003 No. Pol. B/961/VI/2003, Keputusan Gubernur Jateng No. 300/2014, dan Keputusan Bupati No. 331.1/965 Tahun 2017 tentang Pembentukan Kader Siaga Trantib (KST).

Demikian Diskominfo (yga/ygi)