Bupati Karanganyar, Juliyatmono : “OPD Harus Memiliki Humas”

diskominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan sambutan pembukaan sekaligus pemateri sosialisasi PPID Kabupaten Karanganyar.

Karanganyar – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar adakan Sosialiasi dan Evaluasi PPID serta Tata Kelola Informasi Publik Tahun 2017, Rabu Pagi (29/11) di Podang 1 Kantor Setda Karanganyar. Hadir dalam kesempatan tersebut seluruh PPID Pembantu di seluruh OPD yang berada di lingkup Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Dalam sambutan sekaligus pemateri sosialisasi Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan sentilan sekaligus motivasi kepada PPID Kabupaten Karanganyar untuk memberikan pelayanan kepada setiap pemohon informasi. Pemerintah itu mempunyai tugas melayani masyarakat dan menyebarkan informasi program-program Pemerintah.

“Setiap Dinas harus memiliki seorang public relation yang bertugas menerima dan melayani tamu sesuai dengan maksud dan tujuannya”, ujar Juliyatmono

Hal itu dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan informasi yang tepat sehingga masyarakat atau pengguna informasi tidak enggan untuk datang ke OPD. Banyaknya informasi menyesatkan (hoax) yang beradar di media sosial dikarenakan minimnya informasi yang diperoleh masyarakat, sehingga semua informasi yang ada di dunia maya selalu dianggap benar tanpa ada sumber referensi untuk mengecek kebenaran akan informasi tersebut. Diharapkan PPID berperan aktif dalam menyajikan informasi dokumentasi, sehingga segala persoalan permohonan informasi terselesaikan dengan melihat website tanpa harus datang ke kantor.

Sementara itu Sekretaris Diskominfo Karanganyar, Agung Tjahyo Nugroho dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka memberikan informasi kepada PPID terkhusus PPID Pembantu akan tugas dan fungsinya serta tata cara pelayanan informasi. Selain itu juga disinggung terkait penyusunan Daftar Informasi Publik. Kegiatan sosialisasi dikemas dalam bentuk paparan dan Tanya jawab dengan mendatangkan dua narasumber utama yakni Bupati Karanganyar dan Komisioner Komisi Informasi Propinsi Jawa Tengah FB. FX. Handoko A.S. Demikian Diskominfo (diskominfo)