Penanaman Pohon Salah Satu Cara Tanggulangi Bencana

KOMINFO
Sekda Karanganyar bersama Direktur Bina Investasi Infrastruktur Ditjen Bina Konstruksi Kementrian PUPR menanam pohon durian untuk penghijauan area Waduk Gondang, Selasa (28/11)

Karanganyar, 29 November 2017

Penanganan sampah dan penghijauan merupakan bagian dari upaya mitigasi bencana alam. Pemkab Karanganyar, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR dan tim Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) melaksanakan penghijauan di Waduk Gondang, Kerjo, Selasa (28/11). Acara ini di gelar dalam rangka Hari Bakti ke-72 PU dengan tema Gerakan Peduli Mitigasi Bencana.  Pada acara ini Bupati Karanganyar diwakili oleh Sekda Kabupaten Karanganyar Drs. Samsi, M.Si.

BBWSBS bersama rombongan mendapat alokasi 2.850 batang bibit pohon. Bibit pohon didistribusikan ke tujuh lokasi, yakni Waduk Gondang, Waduk Pondok Ngawi, Waduk Kedung Bendo, Bendungan Colo, Waduk Gongseng, Waduk Tukul, dan Waduk Wonogiri.

Pada kesempatan ini PLH BBWSBS Yunitta menyampaikan penghijauan merupakan bagian dari melaksanakan tugas dan fungsi BBWSBS, yakni konservasi sumber daya air, daya guna, daya rusak, dan sistem informasi sumber daya air.

“Melibatkan masyarakat itu wajib. Lebih efektif lagi melibatkan pemerintah dan masyarakat. Pohon yang dipilih buah-buahan supaya masyarakat dapat mengambil manfaat setelah lima tahun. Masyarakat merawat dan diberikan kebebasan menikmati hasil,” kata Yunitta.

Hal senada disampaikan Direktur Bina Investasi Infrstruktur Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Masrianto. Pada kesempatan itu, Masrianto membacakan sambutan Menteri PUPR RI, M. Basuki Hadimoeljono

“Isu sampah dan penghijauan untuk meminimalkan bencana alam. Dua program itu merupakan investasi kehidupan dan kelestarian lingkungan hidup untuk mendukung keberlangsungan hidup. Mari dukung gerakan menanam pohon dan pascapenanaman untuk mewujudkan lingkungan berkualitas. Semoga upaya ini memberikan manfaat pengelolaan sumber daya air,” ujar dia saat membacakan sambutan.

Sementara itu, Sekda Karanganyar, Samsi, mengapresiasi langkah BBWSBS menghijauan Waduk Gondang. Menurut dia, hal itu sejalan dengan rencana kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menjadikan Waduk Gondang sebagai salah satu objek wisata baru di Karanganyar.

“Setelah ini kami akan rakor terkait pemanfaatan Waduk Gondang. Apa yang boleh kami lakukan dan tidak mengganggu operasi waduk. Pemberdayaan ekonomi. Ini akan menjadi tempat wisata yang indah,” ujar dia

Pada kesempatan itu, Masrianto dan Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi, menanam pohon durian di Waduk Gondang. Dia berharap gerakan penghinjauan dilakukan berkelanjutan sebagai bagian dari mitigasi bencana. Masyarakat sekitar pun diharapkan ikut ambil bagian pada program tersebut. DEMIKIAN DISKOMINFO(adt/yoga)