Bupati Karanganyar Terima Penghargaan Natamukti 2017

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerima penghargaan Natamukti 2017 dari Hermawan Kartajaya

Karanganyar, Rabu (29/11/2017)

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerima penghargaan Natamukti 2017 terkait dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Internasional Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

Penghargaan Natamukti itu diserahkan langsung oleh President of ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya, di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (28/11) malam.

“Penghargaan Natamukti diberikan kepada Kabupaten/Kota yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya,” kata Hermawan Kartajaya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Hermawan, ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak terutama pemerintah sebagai pendorong utama ekonomi lokal.

“Kita berikan apresiasi kepada para institusi pemerintahan yang diharapkan juga dapat menjadi inspirasi bagi yang lain,” kata Hermawan.

Di tempat yang sama, Menteri Koperasi dan UKM RI, A.A Gede Ngurah Puspayoga, mengatakan wirausaha di tahun 2014 ratio 1,55 persen, kemudian meningkat menjadi 3,01 persen.

“Kita harapkan di tahun 2019 ratio wirausaha kita meningkat menjadi (minimal) 5 persen. Apapun ratio pertumbuhan wirausaha tidak lepas dari peranan Bupati/Walikota, sehingga kesejahteraan meningkat,” kata Menteri Koperasi dan UKM.

Sementara itu, Bupati Karanganyar mengatakan dorongan pemerintah selama ini diposisikan bagian yang kreatif untuk memajukan UKM.

“Kalau di Kabupaten Karanganyar seperti 10.000 wirausaha baru itu. Dapat dilihat, muncul masyarakat yang menjadi wirausaha dari usaha kecil dan menengah. Pertumbuhan ekonomi juga meningkat,” kata Bupati. (pd)