Kemah Mabi Pererat Gerakan Pramuka

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat didalam tenda pada kegiatan Kemah Mabi Karanganyar.

Karanganyar, Senin (27/11/2017)

Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Karanganyar mengadakan Kemah Majelis Pembimbing (Mabi) yang berlangsung selam dua hari di Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasri, Delingan, Sabtu-Minggu (25-26/11) dan dibuka oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo.

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Karanganyar, Samsi, mengatakan Kemah Mabi ini mempunyai tujuan mempererat Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar dan interaksi positif dapat memajukan kegiatan kepramukaan di semua tingkatan.

“Kemah dua hari ini memberikan semangat bagi para anggota Mabi dalam membantu terlaksananya semua kegiatan pendidikan kepramukaan di kwartir, gugus depan dan satuan komunitas,” kata Samsi, disela-sela acara.

Kemah Mabi itu diikuti oleh Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), anggota Mabicab, Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Kwaran, MABISA (Majelis Pembimbing Desa), Majelis  Pembimbing  Gugusdepan (MABIGUS), dan Kementerian Agama.

Samsi juga menjelaskan, selain diisi dengan materi oleh Ketua Kwarda Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. S. Budi Prayitno, M.Sc, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, juga lomba yel-yel, estafet sedotan, lomba lukis bendera regu, voly karung, melukis tong sampah.

Selama dua hari kemah itu, setiap peserta juga membawa tiga bibit pohon (trembesi, pete, buah), membawa tenda dan alas tidur, perlengkapan mandi.

Ketua Kwarda Jawa Tengah saat ceramah mengatakan Majelis Pembimbing adalah ex officio memfasilitasi bisa nasehat, waktu, tenaga, dan pikiran. Selain itu juga mempunyai fungsi bimbingan .

“Fungsinya juga tuntutan, pengarahan, saran dan nasehat. Juga mempunyai hak untuk menghadiri musyawarah dan ikut serta menentukan arah kegiatan kepramukaan,” katanya. (pd)