Sambut Satu Abad, Pemkab Karanganyar Hadirkan Lansia Berumur Seratus Tahun

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan cinderamata kepada lansia berumur 100 tahun atau lebih yang dihadirkan pada Upacara Hari Jadi ke 100 Tahun Kabupaten Karanganyar

Karanganyar, Senin 20 November 2017

Memperingati hari jadi ke seratus, Pemkab Karanganyar menghadirkan nuansa yang berbeda pada pelaksanaan Upacara. Selain menggunakan bahasa Jawa dan pakaian adat Jawa, Pemkab Karanganyar juga menghadirkan 64 lansia yang berusia lebih dari 100 tahun sebagai tamu undangan.

Upacara peringatan hari jadi Kabupaten Karanganyar ke-100 digelar di Alun Alun Kabupaten Karanganyar, Sabtu (18/11) kemarin. Dalam upacara ini seluruh peserta upacara dan tamu undangan menggunakan pakaian adat Jawa yakni Beskap Jangkep untuk laki-laki dan Kebaya Jarit Wiru untuk perempuan.

Tampil sebagai Komandan Upacara, Kepala Satpol PP, Kurniadi Mulato dan bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Pada Upacara peringatan satu abad Karanganyar, Pemkab Karanganyar meraih penghargaan Tingkat Nasional yakni Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha sebagai daerah dengan Kinerja Pemerintahan terbaik peringkat ke dua se Indonesia. Selain itu juga disampaikan Satyalancana Karya Satya kepada tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) Karanganyar yakni sebuah penghargaan dari Presiden RI atas pengabdiannya di Pemerintahan Karanganyar selama puluhan tahun. Penghargaan tersebut diberikan kepada Drs. Siswanto (Kepala BKPSDM Karanganyar atas pengabdiaannya selama 30 tahun), Suripto (ASN dari Inspektorat Karanganyar yang mengabdi selama 20 tahun) dan Sri Mulyani ( Guru SD Negeri 1 Suruh, Karanganyar).

Dalam amanatnya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan beberapa penghargaan yang diterima Pemkab Karanganyar jangan menjadikan para jajarannya terlena. Penghargaan dari Pemerintah justru harus membuat para jajarannya memberikan yang lebih baik lagi.

“Penghargaan ini harus menjadikan kita lebih baik di masa mendatang. Apalagi kedepan tantangan semakin berat,”tuturnya.

Ditambahkannya, jelang tahun politik pada 2018 dimana akan dilaksanakan secara serentak, Bupati berharap para ASN Karanganyar dapat berpartisipasi dan mampu menjaga netralitas.

“Mari ikut serta dalam pesta demokrati dengan memberikan suara anda,”imbuhnya.

Usai pelaksanaan Upacara, Pemkab Karanganyar memberi penghargaan terhadap para lansia berumur lebih dari seratus tahun sejumlah 64 lansia. Selain itu, Pemkab Karanganyar juga memberikan hadiah bagi bayi yang lahir tepat di hari Sabtu Pahing Tanggal 18 November 2017.

Sementara itu dalam menyemarakkan seratus tahun hari jadi Karanganyar, ditampilkan drama kolosal perjuangan Pangeran Samber Nyawa atau lebih dikenal Raden Mas Said yang melibatkan 1000 pelajar dari tingkat SMP, MTs, SMA/SMK/MA se Karanganyar dan demontarsi aeromodelling dari TNI Angkatan Udara Lanud Adi Sumarmo.

Demikian Diskominfo (Tim)