Pentingnya Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian Bagi PNS

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Karanganyar.

Karanganyar – 09 November 2017.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengadakan sosialisasi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Karanganyar, yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada Kamis (09/11/2017).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Ketua Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM),  Siswanto, para peserta Pegawai Negeri Spil (PNS) dari Kabupaten Karanganyar, yang bekerja sama dengan Kanreg I BKN Yogyakarta dan Taspen Persero cabang Surakarta sebagai narasumber dari sosialisasi tersebut.

Dari pelaporan yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), acara Sosialisasi ini menjadi sebuah tanggung jawab dan kewajiban dari pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam melindungi dan menjamin kesejahteraan dari Pegawau Negeri Sipil (PNS) dengan diwujudkan dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)

Program ini juga menjalankan dari Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 5 Tahun 2016.

“Dalam jaminannya kita mengambil dari 0.54% untuk JKK dan 0,30% untuk JKM yang rencana akan menjadi 0.72% yang berasal dari APBD kabupaten Karanganyar” kata ketua BKPSDM.

Dalam sambutan Bupati Karanganyar juga menyampaikan bahwa ini merupakan kewajiban dari pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam memberikan jaminan kecelakaan dan kematian yang tertuang dalam PP No. 70 Tahun 2015

“Jaminan Kesehatan dan Jaminan Kematian ini merupakan hak bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil” kata Bupati Karanganyar.

Sosialisasi ini sendiri juga diharapkan dapat membekali para Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentang Sosialisasi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian.

Demikian Diskominfo (yga/ygi)