Pilkada Kedepankan Asas LUBER dan JURDIL

KOMINFO
Ketua Panwaslu Kabupaten Karanganyar saat menyampaikan sambutannya pada rakor dengan Stakeholder jelang pelaksanaan Pemilu, Selasa (7/11/2017)

Karanganyar, Selasa 7 Oktober 2017

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan berlangsung Juni 2018. Para penyelenggara dan warga diharapkan menjunjung tinggi asas Langsung Umum Bebas Rahasia, Jujur dan Adil (LUBER dan JURDIL)) dalam pesta demokrasi tersebut.

Hal ini diungkapkan Ketua Panwaslu Kebupaten Karanganyar, Kustawa dalam rapat koordinasi dengan stakeholder jelang pelaksanaan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019, Selasa (7/11/2017) di Jawa Dwipa, Karangpandan, Karanganyar.

“Kegiatan hari ini merupakan upaya memperbaiki kualitas pelaksanaan Pemilu bagian dari penguatan kehidupan demokrasi,”katanya.

Ia berharap pelaksanaan rakor ini dapat menumbuhkembangkan spirit kepada seluruh komponen bangsa maupun negara dalam mendukung seluruh proses pelaksanaan tahapan Pemilu dan berpartisipasi aktif dalam pengawasan pelaksanaan regulasi atau peraturan perundang-undangan Pemilu seuai tupoksi serta kewenangan masing-masing.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Karanganyar, Agus Cipto Waluyo selaku yang mewakili Bupati menyatakan penyelenggaraan Pemilu serentak pada tahun 2018 dan 2019 diperlukan adanya sinergi dari berbagai pihak. Koordinasi dan komunikasi yang baik akan turut serta mensukseskan penyelenggaraan kegiatan lima tahunan tersebut.

“Pemilu, Pilkada, Pilkades adalah pesta demokrasi  yang bukan hanya wewenang Pemerintah tapi tanggungjawab semua pihak baik itu dukungan dalam bentuk kemanan, partisipasi dan pengalokasian dana untuk suksesnya Pemilu,”jelasnya.

Terpisah,  Kepala Sekretaris Panwaslu Kabupaten Karanganyar, Gatot Supriyadi menyampaikan sesuai jadwal tahapan dan program Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden akan diselenggarakan pada tahun 2019. Akan tetapi sebelumnya yaitu di Tahun 2018, Karanganyar merupakan salah satu dari 7 (tujuh) Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pilkada Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati secara serentak yang akan diselenggrakan pada tanggal 27 Juni 2018. Maka dapat dikatakan bahwa kegiatan di Poanwas Karanganyar cukup padat.

“Tujuan kegiatan rakor untuk menyamakan persepsi mengenai pengawasan penyelenggaraan Pemilu,”imbuhnya.

Demikian Diskominfo (ind/Adt)