Nguri-uri Kesenian Tradisional, Pemkab Gelar Gamelan Kolosal

Bupati Karanganyar, Juliyatmono bersama Sekda dan Kepala OPD saat berkunjung ke salah satu peserta Parade Gamelan Akbar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Karanganyar – Memasuki usia seabad pada 18 November besok, Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam hal ini Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan bersama Paguyuban Seni Karanganyar (Sekar) mengadakan Parade Gamelan Akbar yang diikuti oleh Korwil Sekar seluruh Kecamatan yang ada di Karanganyar, Selasa pagi (07/11).

Dalam sambutannya, Juliyatmono menyampaikan Parade Gamelan Akbar ini di selenggarakan dalam rangka menyongsong hari jadi Karanganyar ke 100 tahun sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Wayang Dunia di Kabupaten Karanganyar.

“Acara yang bertemakan budaya  ini baru diadakan pertama kali di Dunia,” Ujarnya. Oleh karena itu diharapkan dapat menumbuhkan cinta terhadap kebudayaan lokal.

Sementara itu Ketua Panitia, Joko melaporkan bahwa pelaksanaan Parade Gamelan Akbar ini akan berlangsung satu hari penuh, yang terbagi kedalam beberapa sesi. Sesi pertama, gamelan akan dimainkan pukul 09.00-12.00 WIB secara bergantian, kemudian sesi berikutnya pukul 12.30-14.45 WIB dan sesi ketiga pukul 19.00-20.15 WIB, dan sesi terakhir akan dimainkan pada malam hari bersama dengan Pagelaran Wayang Kulit memeriahkan hari Wayang Dunia bersama 3 dalang kondang dan 100 sinden.

Joko menambahkan Parade Gamelan Akbar diselenggarakan selain untuk memeriahkan hari jadi Karanganyar, juga untuk menumbuhkan minat pemuda, khususnya untuk melestarikan seni budaya dalam bidang karawitan dan gamelan. Parade kali ini diikuti oleh 17 paguyuban seni. Demikian DISKOMINFO (ad/ppt/mdz)